BolaSkor.com - Striker berusia 39 tahun AC Milan, Zlatan Ibrahimovic menghiasi headline media-media dengan comeback-nya ke timnas Swedia. Janne Andersson, pelatih Swedia memasukkan namanya dalam skuad timnas Swedia.

Pada jeda internasional di bulan Maret ini Ibrahimovic dipanggil Andersson ke dalam timnas Swedia yang akan bermain di Kualifikasi Piala Dunia melawan Kosovo dan Georgia.

Ibrahimovic telah pensiun membela timnas Swedia lima tahun lalu dan berpatisipasi di Piala Eropa 2016. Berkat penampilan prima di usia tersebut dengan Milan Ibra dipanggil kembali dan comeback Ibra diwarnai tangisan di sesi konferensi pers.

Baca Juga:

Angka-angka Menarik dari Kualifikasi Piala Dunia

'The Return of the God', Ibrahimovic Kembali Bela Timnas Swedia

Theo Hernandez Ceritakan Rasanya Jadi Rekan Setim Ibrahimovic

"Vincent (putra Ibrahimovic) benar-benar menangis saat saya meninggalkannya (pensiun dari timnas). Tetapi sekarang semua baik-baik saja," ucap Ibra yang kemudian menangis.

Comeback ke timnas setelah pensiun bukan kali ini saja terjadi. Di masa lalu ada juga momen-momen ketika pemain bintang pensiun, lalu kembali bermain dengan alasan yang berbeda-beda. Siapa saja?

1. Lionel Messi

Megabintang sekaliber Lionel Messi juga pernah memutuskan pensiun membela timnas Argentina. Akumulasi kekecewaan dari kegagalan di Piala Dunia 2014, Copa America 2007 dan 2015 disinyalir telah menumpuk.

Messi memutuskan pensiun karena frustrasi dengan tekanan besar yang diterimanya, Akan tetapi pelatih timnas Argentina meyakinkannya untuk kembali dan Messi bermain kembali pada Piala Dunia 2018.

"Banyak hal lewat di pikiran saya di malam final dan saya telah berpikir serius untuk pensiun, tapi cinta saya untuk negara saya dan baju ini terlalu hebat," tutur Messi soal keputusannya kembali membela timnas.

2. Zinedine Zidane

Legenda Real Madrid dan ikon sepak bola Prancis. Les Bleus dibawa menjadi juara Piala Dunia 1998 dan juga Piala Eropa 2002. Pada 2004 Prancis disingkirkan oleh Yunani di perempat final dan Zidane pensiun.

Akan tapi setelah dirayu Raymond Domenech Zidane kembali membela timnas Prancis pada Kualifikasi Piala Dunia 2006. Selepas itu Zidane pensiun dengan 108 caps dan 31 gol. Kini sang maestro melatih Real Madrid.

3. Henrik Larsson

Zlatan Ibrahimovic bukan sosok pertama yang mengawali comeback di timnas Swedia, pendahulunya yang notabene legenda Barcelona Henrik Larsson juga pernah melakukannya, bahkan dua kali pensiun di timnas.

Pertama ia pensiun pada 2002 dan bermain kembali di Piala Eropa 2004 berkat bujukan Lars Lagerback, lalu pada 2006 pensiun dan setelahnya kembali di Piala Eropa 2008. Total Larsson sudah mengikuti tiga Piala Dunia dan tiga Piala Eropa.

Larsson yang dahulu berposisi sebagai penyerang total mengemas 106 caps dan 37 gol dengan timnas Swedia. Semasa aktif dulu Larsson pernah membela Barcelona hingga Manchester United.

4. Jamie Carragher

Legenda Liverpool langganan bermain di timnas Inggris sejak 1999 dan pernah bermain di Piala Eropa 2004 dan 2006, pada 2007 Jamie Carragher pensiun karena jarang main di tim utama.

"Ada banyak alasan kenapa saya berpikir seperti ini. Pasca Piala Dunia 2006, saya berpikir seberapa sering saya bisa menjadi pilihan utama untuk posisi bek timnas Inggris," tutur Carragher kala itu di usia 29 tahun.

Akan tapi karena banyak bek Three Lions yang cedera pada Piala Dunia 2010 Carragher dipanggil kembali dan memperkuat timnas. Setelahnya Carragher pensiun dengan 38 caps dan kini menjadi pandit sepak bola.

5. Pele

Terakhir adalah nama yang sudah tak asing lagi di telinga pecinta sepak bola dunia. Ikon Brasil Pele membawa timnas Brasil meraih sukses besar dengan tiga Piala Dunia dan bermain ginga ala Negeri Samba.

Cedera lutut dan kegagalan di Piala Dunia 1966 sempat membuatnya pensiun di timnas, tapi empat tahun lagi Pele kembali bermain dan sukses memenangi titel Piala Dunia ketiga. Legenda Santos pensiun dengan 92 caps dan 77 gol.