Iker Casillas dan Luis Suarez Kritik Penggunaan VAR di Final Piala Dunia 2018

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 16 Juli 2018
Iker Casillas dan Luis Suarez Kritik Penggunaan VAR di Final Piala Dunia 2018
Iker Casillas (Zimbio)

BolaSkor.com - Legenda tim nasional Spanyol, Iker Casillas, mengkritik penggunaan Video Assistant Referee atau yang lebih beken dikenal dengan VAR dalam final Piala Dunia 2018. Menurut sang kiper, beberapa keputusan yang diambil menggunakan VAR justru menguntungkan Prancis.

Les Bleus menjadi juara Piala Dunia 2018 setelah membekuk Kroasia 4-2 dala laga final, di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7). Dalam pertandingan tersebut, ada dua insiden yang menjadi sorotan Casillas.

Melalui akun media sosialnya, eks Real Madrid itu menilai gol pertama Prancis seharusnya tidak terjadi karena tidak ada pelanggaran kepada Antoine Griezmann.

"Jujur, saya tidak mengerti penggunaan VAR dengan sangat baik. Wasit memutuskan pelanggaran kepada Griezmann yang sebenarnya tidak terjadi. Gol untuk Prancis terjadi setelahnya. Tidak ada yang terjadi," tulis Casillas di Twitter.

Puncaknya, wasit Nestor Pitana asal Argentina menunjuk titik putih setelah melihat VAR Ivan Perisic menyentuh bola dengan tangannya di dalam otak penalti. Padahal, tak sedikit kalangan yang beranggapan, sang pemain tidak dengan sengaja bermaksud ingin menghalau laju bola.

Senada dengan Casillas, penyerang Barcelona, Luis Suarez, menganggap VAR tidak digunakan dengan benar. "Anda benar Iker, dan terlepas dari offside Paul Pogba, semua berpartisipasi dalam drama," tulis Suarez membalas tweet yang dilontarkan Casillas.

Keputusan Pitana untuk memberikan penalti bagi tim Ayam Jantan juga mendapat cibiran dari Dermot Gallagher, mantan wasit Premier League. Menurut Gallagher, Perisic tidak sengaja menyentuh bola dengan tangannya. Selain itu, sang pemain dianggap terhalangi pandangannya dalam kejadian yang sangat cepat.

Iker Casillas Luis Suarez Piala Dunia 2018 Timnas Prancis Timnas Kroasia
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.520

Bagikan