BolaSkor.com - Kiper legendaris Spanyol, Iker Casillas, mendapat kehormatan menjadi ikon pertama LaLiga. Kontribusi Casillas selama merumput di kompetisi itu menjadi alasan.

Iker Casillas merupakan produk akademi sepak bola Real Madrid. Casillas telah masuk ke tim junior sejak masih berusia sembilan tahun.

Sejak menjalani debut pada 1999, Iker Casillas perlahan menjadi kiper utama Real Madrid. Casillas pun didapuk sebagai kapten sejak Raul Gonzalez pergi pada 2010.

Meski kini telah pindah ke FC Porto, kiper berusia 37 tahun itu lebih identik dengan Real Madrid. Maklum, Iker Casillas 16 tahun berseragam Los Merengues.

Baca Juga:

Satu Abad Valencia, 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Los Che

10 Tim Favorit Iker Casillas di Seluruh Dunia

Iker Casillas

Selama periode tersebut, Iker Casillas tampil dalam 510 penampilan bersama Real Madrid di LaLiga. Dari jumlah itu, dia memenangi lima gelar LaLiga.

Berkat prestasinya, LaLiga pun menunjuk Iker Casillas sebagai ikon mereka. Penunjukkan ini bertujuan untuk mendorong popularitas mantan pemain seperti Casillas.

"Ini merupakan langkah besar bagi kami. Iker Casillas adalah pemain yang memiliki banyak pengikut di media sosial, sekitar 45 juta," kata Presiden LaLiga, Javier Tebas.

"Ini sangat penting bagi kami, LaLiga. Iker Casillas juga akan menjadi atlet pertama yang menyiarkan pertandingan LaLiga di luar Spanyol," Javier Tebas melanjutkan.

Iker Casillas sendiri merasa ini adalah tanggung jawab yang besar. Sang kiper merasa kini namanya dihubungkan dengan orang-orang di balik layar LaLiga.