Ikuti FIBA, NBA Pangkas Durasi Shot Clock

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 23 September 2018
Ikuti FIBA, NBA Pangkas Durasi Shot Clock

BolaSkor.com - Terdapat beberapa aturan baru jelang bergulirnya kompetisi NBA musim 2018-19. Salah satu perubahan mendasar adalah aturan shot clock.

Dilansir situs resminya, NBA akhirnya menyetujui perubahan peraturan pertandingan terkait shot clock atau waktu yang dimiliki tim untuk melepaskan tembakan. NBA memutuskan untuk mengikuti aturan yang selama ini dipakai Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) empat tahun silam.

Regulasi baru ini mulai diberlakukan NBA 2018-2019 ini. Dalam aturan barunya, rentang waktu tembak akan berubah menjadi 14 detik setelah bola menyentuh keranjang. Pada aturan sebelumnya rentang waktu tersebut adalah 24 detik.

Selain setelah offensive rebound pantulan bola dari ring, shot clock juga akan restart atau kembali menjadi 14 detik jika tim bertahan melakukan foul maupun tim menyerang memperoleh bola lemparan ke dalam setelah situasi tembakan memantul ring.

Aturan itu sebelumnya sudah diberlakukan oleh FIBA untuk pertandingan internasional sejak 2014-2015.

Aturan tersebut kemudian diadopsi WNBA pada 2016, NBA G-League 2016-2017, serta belakangan pada turnamen pramusim NBA Summer League 2018.

Perubahan lain juga akan diterapkan NBA musim ini. Paling tidak ada dua aturan lain yang signifikan. Yaitu penyederhanaan aturan clear path foul serta pelebaran area pelanggaran hostile act.

NBA Breaking News FIBA
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan