BolaSkor.com - Masa pensiun tampak terlalu membosankan bagi legenda Bayern Munchen berusia 36 tahun, Arjen Robben. Usai gantung sepatu pada 2019 lalu pemain yang pernah membela Chelsea dan Real Madrid itu memutuskan bermain sepak bola kembali.

Arjen Robben memilih Groningen sebagai klub tempatnya bermain setelah bangkit dari pensiun. Groningen adalah klub tempatnya bermain di akademi dari 1996-2000 dan juga di tim utama dari 2000 hingga 2002.

Eredivisie 2019-20 sedianya sudah diputuskan berakhir oleh KNVB tanpa juara serta tim-tim yang promosi atau degradasi akibat pandemi virus corona. Tak ayal Robben menjadi rekrutan 'anyar' Groningen untuk musim 2020-21.

Sempat galau memutuskan untuk tetap pensiun atau bermain sepak bola Robben pun membuat keputusan mengikuti kata hatinya. Pengemas 96 caps dan 37 gol dengan timnas Belanda akhirnya memutuskan untuk kembali bermain dengan Groningen.

Baca Juga:

Berniat Comeback, Arjen Robben Tutup Peluang Bela Bayern Munchen Lagi

4 Pemain Bintang yang Mengawali Karier bersama FC Groningen

Rindu Sepak Bola, Arjen Robben Mungkin Kembali dari Masa Pensiun

Arjen Robben

"Klub dapat menggunakan bantuan apapun selama periode ini untuk melewati krisis corona. Saya sendiri juga berpartisipasi dalam berbagai aksi dan juga memikirkan apa lagi yang bisa saya lakukan untuk klub kami," tutur Robben di laman resmi Groningen.

"Dalam beberapa pekan terakhir saya telah melakukan banyak konsultasi dengan orang-orang di dalam klub dan mungkin yang paling mendengarkan aksi para pendukung, 'Arjen, ikuti kata hati Anda'."

"Kembalinya sebagai pemain FC Groningen - itu mulai terasa gatal dan sekarang ini adalah misi saya. Saya sedang berusaha kembali sebagai pesepak bola. Saya belum tahu apakah ini akan berhasil. Apa yang saya tahu adalah itu tidak akan tergantung pada komitmen dan motivasi saya," urai Robben.

Sepanjang karier profesionalnya Robben pernah membela Groningen, PSV Eindhoven, Chelsea, Real Madrid, dan Bayern Munchen. Kesuksesan terbesarnya diraih di Bayern yang diperkuatnya dari medio 2009 hingga 2019.

Selama 10 tahun dengan Raksasa Bavaria Robben meraih delapan titel Bundesliga, satu Liga Champions, Piala Super Eropa, dan lima DFB Pokal. Itu menambah koleksi gelar lainnya seperti Premier League, Piala FA, dan LaLiga.