BolaSkor.com - Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sekaligus Ketua Komite Penguatan timnas Korea Selatan (Korsel), Kim Pan-gon, menerima tawaran dari Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk menjadi pelatih Harimau Malaysia. Ini seperti yang dilaporkan Football-Asian.com.

Ia sudah mengajukan surat resaign kepada KFA. Kim Pan-gon sudah dinyatakan keluar dari KFA sejak hari ini, Jumat (21/1).

FAM juga sudah mengumumkan Kim Pan-gon sebagai pelatih anyar timnas Malaysia. Dengan begitu, Kim Pan-gon menggantikan Tan Cheng Hoe yang gagal di Piala AFF 2020.

Baca Juga:

Tunjuk Kim Pan-gon, FAM: Tahu Musuh Timnas Malaysia

Profil Alfeandra Dewangga: Titisan Franz Beckenbauer

Mantan pelatih timnas Hong Kong itu akan mempersiapkan timnas Malaysia senior dengan maksimal untuk Piala AFF 2022 mendatang.

Tak hanya menjadi pelatih Hong Kong dan Wakil Ketua Umum KFA, Kim Pan-gon tercatat pernah menjadi asisten klub Busan IPark dan Gyeongnam FC sebagai asisten

Dengan begitu, Malaysia mengikuti langkah Vietnam dan Indonesia yang menggunakan jasa pelatih asal Korsel, yakni Park Hang-seo dan Shin Tae-yong.

Profil Kim Pan-gon

Pria kelahiran 1 Mei 1969 tersebut merupakan mantan pesepak bola profesional. Ia pernah membela Ulsan Hyundai di K-League. Ia berposisi sebagai winger dan punya keunggulan sebagai eksekutor set piece.

Ia juga pernah membela sejumlah klub K League lainnya, yakni Jeonbuk Hyundai Motors (1997). Lalu pindah ke Hong Kong membela klub Instant-Dict (2000), Double Flower (2001), Buler Rangers (2003).

Lalu ia menjadi asisten pelatih Busan IPark (2003-2008). Kemudian jadi pelatih timnas Hong Kong U-23 dan Senior (2009-2010).

Ia menjadi pelatih Gyeongnam FC (2011). Ia kemudian jadi pelatih timnas Hong Kong U-23 dan Senior kembali pada 2012-2017. Setelah itu, ia jadi Wakil Presiden KFA dan Ketua Komite Penguatan dan Pemilihan Pelatih timnas Korsel, sebelum resaign untuk menjadi pelatih timnas Malaysia.