Imbangi Inggris, Di Biagio Sebut Italia Masih Memiliki Mental Baja

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 28 Maret 2018
Imbangi Inggris, Di Biagio Sebut Italia Masih Memiliki Mental Baja
Lorenzo Insigne samakan kedudukan Italia kontra Inggris (Getty Images)

BolaSkor.com - Pertandingan uji coba terakhir di Wembley Stadium pada jeda internasional Maret ini, berakhir imbang 1-1 antara Inggris dengan Italia. Gol pembuka Jamie Vardy dibalas tendangan titik putih Lorenzo Insigne menjelang akhir pertandingan.

Kendati hanya bertajuk persahabatan, laga tersebut berlangsung seru laiknya laga di Euro atau Piala Dunia. Gengsi besar kedua negara yang dipertaruhkan menjadi penyebab ngototnya permainan Inggris dan Italia. Inggris bermain dengan sangat cepat dan berbahaya ketika mampu merebut bola dari penguasaan pemain Italia di lini tengah. Serangan balik mereka sangat berbahaya.

Sementara Italia, meski menguasai penguasaan bola hingga persentase 52 berbanding 48, cukup rawan diserang balik. Dari segi peluang pun, Inggris lebih banyak mengancam gawang Italia yang dikawal Gianluigi Donnarumma. Terlebih, Inggris mendapatkan dukungan dari "pemain ke-12" di Wembley.

Di bawah tekanan setelah tertinggal dan diintimidasi fans tuan rumah, Italia pun pantang menyerah membalikkan keadaan. Kepercayaan mereka untuk mencetak gol penyama kedudukan, yang dibarengi determinasi bermain, dipuji oleh Luigi Di Biagio, pelatih interim Italia. Ia masih melihat adanya mental dan karakter kuat dalam skuat Italia.

"Kami lebih konsisten sepanjang laga, melakukan sedikit kesalahan dalam penguasaan bola dan saya melihat sedikitnya rasa takut di depan 80.000 suporter di Wembley. Hasil positif membantu, tapi saya juga akan puas dengan hanya melihat performa tim," ucap Di Biagio, diberitakan Football Italia, Rabu (28/3).

"Jika Anda tidak melihat pergerakan yang tepat, orang-orang seharusnya berbicara mengenai karakter. Saya bisa jamin skuat ini punya karakter. Ini sebuah tim yang selalu percaya dalam kondisi tertinggal 0-1, lalu imbang 1-1, mencoba untuk memenangi laga dan mengontrol laga di babak kedua. Inggris hanya berbahaya dari serangan balik, tapi kami, memainkan performa bagus secara garis besar," tuturnya.

Karakter dan mental baja yang dilihat Di Biagio jelas bisa menjadi landasan untuk mengawali era baru, menjadikan momen kelam tidak lolos ke Piala Dunia untuk 60 tahun lamanya sebagai pembelajaran. "Jiwa" Italia yang pernah memenangi empat titel Piala Dunia akan selalu tertanam dalam skuat berjuluk Gli Azzurri.

Timnas Inggris Timnas Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan