Imbas Kecelakaan di MotoGP Portugal, Murid Rossi Apresiasi Ketegasan Steward

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 27 Maret 2023
Imbas Kecelakaan di MotoGP Portugal, Murid Rossi Apresiasi Ketegasan Steward
Marco Bezzecchi (twitter/VR46RacingTeam)

BolaSkor.com – Kecelakaan besar yang menimpa Marc Marquez di MotoGP Portugal, Minggu (26/3) turut mendapat sorotan dari Marco Bezzecchi. Murid Valentino Rossi ini mengapresiasi ketegasan steward yang telah memberikan penalti berat pada Marquez.

Marquez sempat terlibat insiden besar yang membuatnya harus menepi lebih awal. Pembalap asal Spanyol itu terlibat kecelakaan horor ketika kuda besinya menabrak motor Miguel Oliveira di awal balapan.

Insiden ini terjadi akibat manuver berbahaya yang dilakukan Marquez. Saat itu pembalap berjuluk The Baby Alien ini dengan agresif memacu motornya secara serampangan demi menempati posisi terdepan.

Akibat insiden ini, steward menjatuhkan hukuman berat pada Marquez. Peraih enam kali gelar juara dunia itu diganjar hukuman long lap penalti di balapan selanjutnya, MotoGP Argentina.

“Dia memang tidak melakukannya dengan sengaja. Namun dia tetap melakukan kesalahan. Di waktu yang akan datang, dia bisa mengerti lebih baik,” kata Bezzecchi, dikutip dari speedweek.com.

Terkait hal ini, Bezzecchi turut menceritakan detik-detik terjadinya insiden itu. Pembalap Mooney VR46 ini sadar akan adanya bahaya kecelakaan usai melihat kondisi motor Marquez yang tidak wajar.

Saat itu Bezzecchi menyaksikan motor yang dikendarai Marquez sedikit bergoyang sesaat sebelum memasuki tikungan ketiga.

“Namun saya tidak memahami di mana mereka melakukan pengereman. Saya bisa melihat Marquez karena dia mudah dikenali dengan warna orange dan merah,” ungkap Bezzecchi.

“Saya melihat dia sedikit goyang lalu berkata pada diri sendiri, ‘tikungan ini akan sulit dilewati’. Namun tikungan ini juga sangat buruk. Jika kamu telat mengerem lima meter saja, motor akan mulai goyang dan kamu tidak bisa mengerem. Jatuh saat jarak pembalap saling berdekatan memang sangat disayangkan, tetapi hal ini bisa terjadi di balapan mana pun,” pungkas alumni Akademi VR46 ini.

Penulis: Bintang Rahmat

Marco Bezzecchi Motogp Marc marquez
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan