Impresif di Piala AFF U-19 2022, Thomas Doll Tak Jamin Tempat Inti untuk Alfriyanto Nico dkk

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 09 Juli 2022
Impresif di Piala AFF U-19 2022, Thomas Doll Tak Jamin Tempat Inti untuk Alfriyanto Nico dkk
Aksi Alfriyanto Nico Saputro saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi Filipina U-19. (PSSI)

BolaSkor.com - Para pemain Persija Jakarta yang tergabung dalam Skuat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 mampu memberikan penampilan yang sangat baik sampai laga keempat melawan Filipina U-19, Jumat (8/7) malam WIB. Meski demikian, mereka tidak mendapatkan jaminan bisa bermain di tim utama Persija musim depan.

Ada enam pemain Persija di Skuat Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF U-19 2022. Keenam pemain tersebut antara lain Cahya Supriadi, Muhammad Ferrari, Radzky Syahwal Ginting, Raka Cahyana, Teuku Razzaa Fachrezi, dan Alfriyanto Nico Saputro.

Cahya Supriadi selalu jadi pilihan utama Shin Tae-yong di bawah mistar Timnas Indonesia U-19. Muhammad Ferrari merupakan kapten tim sekaligus tumpuan lini belakang, sedangkan Razzaa dan Nico sudah berkontribusi melalui golnya.

Kendati tampil impresif bersama Timnas Indonesia U-19, keenam pemain tersebut tidak mendapat jaminan dari Thomas Doll untuk main di tim utama Persija musim depan. Pelatih asal Jerman tersebut mengaku sulit memberikan mereka kesempatan bermain.

Baca Juga:

Beda dengan Pelatih Persib, Thomas Doll Justru Senang Persija Main Malam

Piala AFF U-19 2022: Dipuji Pelatih Thailand U-19, Cahya Supriadi Bertekad Konsisten

Pasalnya, Alfriyanto Nico Saputro dkk. terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menjalani pemusatan latihan atau TC di tim nasional. Hal ini menyebabkan mereka tidak ikut persiapan Persija untuk menghadapi Liga 1 yang akan kick off mulai 23 Juli mendatang.

"Saya sudah enam pekan di sini. Saya sebenarnya sudah bertemu pemain-pemain muda ini sekali di sini, tapi bukan di latihan," kata Thomas Doll.

"Jadi, bagaimana mereka bisa mendapatkan kesempatan, jika mereka tak pernah ada bersama tim utama (di klub). Saya pikir ini tak bagus untuk pemain muda klub karena semua ingin memastikan tempat di tim utama.

"Pemain-pemain muda ini butuh waktu sampai mereka mengerti bagaimana sesi latihan, filosofi. Jadi tidak bisa langsung bermain ketika baru kembali dari timnas karena mereka tak pernah berlatih bersama kami," tutur Thomas Doll.

Thomas Doll menilai, pemusatan latihan tim nasional dalam jangka panjang itu tidak efektif. Menurutnya, pemain harus dimatangkan saat bersama klub.

"Ketika mereka nanti datang dua bulan kemudian, mereka akan sangat lelah karena bermain di banyak laga. Saya pelatih baru, saya baru datang enam pekan lalu."

"Saya ingat ketika saya pemain muda. Tentu saja bisa ke timnas, tapi tidak sampai dua bulan juga. Jadi harus berubah (kebijakannya) di masa depan, karena kalau mereka mau talenta-talenta terbaik, seharusnya bisa lihat di tim pertama (klub)," pungkas eks pelatih Borussia Dortmund dan Hamburger SV tersebut.

Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Persija jakarta Alfriyanto Nico Thomas Doll Piala aff u-19 Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan