INAF, Duta Piala Dunia U-20 yang Membanggakan Indonesia di Tengah Keterbatasan

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 12 Desember 2020
INAF, Duta Piala Dunia U-20 yang Membanggakan Indonesia di Tengah Keterbatasan
INAF. (Isitimewa)

BolaSkor.com - Sepak bola memang sudah menjadi magnet tersendiri bagi seluruh masyarakat yang ada di Dunia. Tak terkecuali orang-orang yang tidak memiliki bagian tubuh yang lengkap atau disabilitas.

Bukan hanya mengagumi para pemain atau klub sepak bola saja. Ternyata saat ini perkumpulan yang menaungi orang-orang disabilitas untuk bermain sepak bola, Indonesia pun memiliki wadah tersebut dan mereka tergabung dalam Indonesia Amputte Football (INAF) atau yang lebih dikenal dengan perkumpulan sepak bola amputasi Indonesia.

INAF dibentuk pada 3 Maret 2018 secara mandiri oleh para penyandang disabilitas yang ingin memiliki ruang khusus bagi mereka untuk mengembangkan minat dan bakatnya bermain sepak bola dan berprestasi. INAF menjadi satu satunya wadah sepak bola di Indonesia bagi para Amputasian.

Baca Juga:

Mengenal INAF, Wadah bagi Penyandang Disabilitas untuk Bisa Bermain Sepak Bola

Marc Klok, Perjuangan buat Indonesia Sehat dan Sejahtera

INAF telah diakui sebagai anggota dari badan induk sepak bola amputasi dunia WAFF (World Amputee Football Federation) yang kedudukannya setingkat dengan FIFA dan IPC (International Paralimpic Commite),

"Kami membentuk ini karena kami memiliki cita-cita ingin menjadi wadah pembinaan sepak bola amputasi yang ada di Indonesia dengan cara yang profesional. Selain itu kami juga ingin nantinya apa yang sidah kami bentuk bisa memberikan prestasi untuk Indonesia," kata Humas INAF, Vincente Mariano kepada BolaSkor.com.

Saat ini memang belum banyak yang melihat sepak bola amputasi ini. Maka dari itu, para pengurus INAF saat ini sedang berbicara kepada Komisi X DPR RI, agar nantinya sepak bola amputasi ini lebih bisa dikenal dan dijadikan sebagai salah satu olahraga nasional.

Siapa sangka, ternyata INAF memiliki prestasi yang cukup membanggakan. Pada tahun 2019 lalu, INAF didaulat sebagai salah satu tim terbaik pada kejuaran yang digelar di Malaysia.

Tidak hanya itu saja, saat ini INAF yang memiliki Tim Nasional-nya sedang mempersiapkan tim untuk berlaga di Pra Piala Asia Amputee Football 2020 Malaysia dan Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022 di Polandia. Namun begitu, persiapan mereka sempat terhenti lantaran pandemi COVID-19 yang melanda dunia.

INAF (Istimewa)

Meski pandemi COVID-19 di Indonesia penyebarannya masih sangat masif namun tidak menyurutkan para pemain INAF untuk tetap berlatih. Bahkan mereka sering beruji tanding dengan beberapa klub sepak bola yang ada di Jakarta.

"Selama ini kita tetap menjaga kondisi dengan mengadakan latihan dan fun football dengan beberapa klub sepak bola lain di Jakarta," ujar Vincente.

Kegiatan INAF tidak sampai disitu saja, mereka terus melakukan inovasi untuk bisa memberikan hal baru bagi para anggotanya. Luar biasanya, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mandatang, pada gelaran tersebut, INAF akan menjadi duta Piala Dunia U-20 2021.

"Kalau agenda terdekat tidak ada, mungkin kami dari INAF sendiri diminta untuk menjadi duta Piala Dunia U-20 2021 mendatang dan kami dengan senang hati menerima hal tersebut dari Ketum PSSI, Mochamad Iriawan," ujar Vincente.

"Agenda selanjutnya, baru ada tahun 2022 mendatang, kami akan ke Polandia untuk mengikuti Piala Dunia di sana. Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan prestasi terbaik untuk Indonesia," pungkasnya.

Piala dunia u-20 Desember For Survivor Breaking News
Posts

4.871

Bagikan