BolaSkor.com - PSSI bersama Pemerintah Republik Indonesia, dalam kaitannya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membentuk panitia penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. Panitia ini bernama INAFOC (Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committe).

INAFOC dibentuk usai PSSI menggelar rapat dengan Kemenpora di Kantor Kemenpora, Jumat (21/2). Nantinya, INAFOC juga diisi oleh kementerian-kementerian terkait yang membantu penyelenggaraan Piala Dunia U-20, misalnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr) hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selanjutnya, Kemenpora akan melayangkan rancangan dan draft INAFOC ke Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), yang kemudian untuk dijadikan Keppres (Keputusan Presiden).

"INAFOC itu baru kami putuskan kemarin bersama PSSI. Kami belajar dari kesuksesan Asian Games 2018 yang nama kepanitiannya INASGOC. Kami berharap Keppres itu selesai pada akhir Maret 2020," kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.

Baca Juga:

Tampil di Piala Dunia U-20 2021, PSSI Ajukan Anggaran Rp 170 Miliar untuk Timnas Indonesia U-20

Ketum PSSI Sebut Alasan Masukan Stadion Utama Riau Jadi Calon Venue Piala Dunia U-20 2021

Nantinya, Kemenpora akan meminta PSSI untuk membuat logo Piala Dunia U-20. Logo ini harus menggambarkan budaya Indonesia.

"Harus ada unsur budayanya, mungkin seperi wayang, Candi Borubudur, dan Merah Putih. Logo ini akan diluncurkan FIFA pada 23 Mei 2020 mendatang," kata Gatot.

Indonesia terus berbenah diri untuk mempersiapkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 pada 24 Mei hingga 12 Juni 2021. PSSI sudah memantau calon kota tuan rumah berserta stadionnya untuk Piala Dunia U-20 2021.FIFA akan menunjuk 6 stadion utama Piala Dunia U-20 pada Maret 2020 mendatang.

Selain penyelenggaraan, Timnas Indonesia U-19/U-20 juga sudah melakukan persiapan dengan pemusatan latihan (TC) di Cikarang hingga Ciang Mai, Thailand, Januari kemarin.

Selanjutnya, Skuat Garuda Muda dijadwalkan TC ke Jepang pada awal Maret 2020. Lalu dilanjutkan ke Korea Selatan, Spanyol, hingga Jerman secara bertahap.