BolaSkor.com - Rencana Filipina untuk tidak memasukan cabang olahraga bulu tangkis pada SEA Games 2018 dipastikan batal. Indonesia berhasil memertahankan cabang unggulan tersebut setelah melali negosiasi lewat Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang dipimpin Erick Thohir.

Sebelumnya pada pertemuan awal South East ASEAN Games Federation (SEAGF) di Hotel Shangrilla Manila, Filipina, 15-16 Mei 2018, tuan rumah Filipina mengajukan 30 cabang olahraga, tidak termasuk dua cabor unggulan Indonesia yakni bulu tangkis dan pencak silat.

Erick menyebut keputusan Filipina untuk tidak menyertakan bulu tangkis dan pencak silat sah saja sebagai tuan rumah. Namun, desakan dari negara ASEAN lain membuat Filipina harus mengubah keputusannya.

"Sama seperti di Malaysia saat tuan rumah SEA Games ke-29, Filipina yang menjadi tuan rumah SEA Games ke-30 juga punya full power dalam menentukan cabor yang dipertandingkan," ujar Erick dalam siaran pers yang diterima BolaSkor.com.

"Di pertemuan awal SEAGF, kami menyampaikan keberatan dan baru sukses meloloskan cabor bulu tangkis dari 30 cabor usulan," sambungnya.

Meski berhasil meloloskan bulu tangkis, nasib pencak silat masih gantung hingga saat ini. KOI akan berkoordinasi dulu dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia terkait hal tersebut.

"Ya, kami akan segera koordinasikan dengan PB IPSI apalagi usulan memasukkan cabor tambahan minimal didukung 4 negara peserta sesuai ketentuan yang berlaku. Usulan penambahan cabor sudah harus disampaikan 13 Juni 2018," tutur Erick.