BolaSkor.com - Pemerintah Republik Indonesia mendukung rencana PSSI untuk melakukan bidding sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Jika pencalonan Indonesia diterima AFC, pemerintah menyiapkan enam stadion untuk dipakai.

"Venue (untuk Piala Asia 2023) tetap untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali.

Ada enam stadion yang disiapkan untuk perhelatan Piala Dunia U-20 2023, yaitu Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Keenam stadion tersebut akan kembali dipakai jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

"Tapi kalau minta tambah, ya, kita tambah lagi. Tapi itu tidak ada lagi kalau sekarang 'kan untuk Piala Dunia U-20 itu enam stadion," ujar Zainudin Amali.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Restui Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Direstui Presiden Jokowi, PSSI Gerak Cepat soal Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Amali kemudian menjelaskan alasan pemerintah merestui pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

"Mengapa akhirnya disetujui, karena pelaksanaannya tidak terlalu jauh dari pelaksanaan Piala Dunia U-20," ungkap Amali.

"Jadi kita dalam keadaan yang siap, infrastrukutur masih ada, lalu SDM juga masih ada. Sehingga tidak terlalu sulit kita melaksanakan itu," pungkasnya.

Adapun putaran final Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni. Sementara itu, AFC berencana menghelat Piala Asia 2023 pada 16 Juni sampai 16 Juli 2023.

Piala Asia 2023 seharusnya digelar di China. Namun, Negeri Tirai Bambu tersebut memilih mundur sebagai tuan rumah akibat lonjakan kasus COVID-19. Hal itu juga membuat pelaksanaan Asian Games 2022 di Hangzhou pada 10-25 September mendatang harus ditunda ke tahun depan.