BolaSkor.com - Kontingen Indonesia mengukir prestasi membanggakan pada ajang Canada Para-Badminton International 2019. Total wakil tanah air berhasil merebut sembilan medali.

Turnamen yang berlangsung pada 7-12 Mei 2019 tersebut diikuti pebulu tangkis terbaik Indonesia seperti Leani Ratri Oktila dan Dwiyoko/Ferdy Setiawan. Tim Indonesia mendapat lima medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu.

Medali emas diraih Leani Ratri Oktila (tunggal putri SL4), Dwiyoko/Fredy Setiawan (ganda putra SL3-SL4), Leani Ratri Oktila/Hary Susanto (ganda campuran SL3-SU5), Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah Sukohandoko (ganda putri SL3-SU5), serta Dheva Anrimusthi (tunggal putra SU5).

Sementara medali perak diraih Ukun Rukaendi (tunggal putra SL3). Sedangkan tiga medali perunggu diraih Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah Sukohandoko (ganda campuran SL3-SU5), Suryo Nugroho (tunggal putra SU5), dan Dheva Anrimusthi/Suryo Nugroho (ganda putra SU5).

Para-Badminton International 2019 sekaligus menjadi ajang seleksi untuk lolos ke Paralimpik 2020. Presiden NPC, Senny Marbun, berharap wakil Indonesia bisa meneruskan prestasi dari Kanada ke kejuaraan lain.

"Alhamdulillah. Ya itu memang salah satu perjuangan kita menuju Paralimpiade 2020 Tokyo. Jadi memang kita berusaha agar atlet bulu tangkis kita bisa lolos sebanyak-banyaknya," ujar Senny.

Senny menyebut bulu tangkis menjadi cabang olahraga andalan Indonesia untuk mendulang medali pada Paralimpik 2020. "Harapan kami, yang bisa diandalkan meraih medali emas di Tokyo itu ya hanya di para-badminton. Sama mungkin tenis meja. Jadi cuma di situ saja," ujar Senny.