Indonesia Dapat Jatah Liga Champions Asia dan Piala AFC 2023

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 12 Januari 2022
Indonesia Dapat Jatah Liga Champions Asia dan Piala AFC 2023
Aksi Bali United saat play-off Liga Champions Asia. (Bali United)

BolaSkor.com - PSSI menyatakan Indonesia dapat jatah kembali berlaga di Liga Champions Asia 2023. Namun, hanya mendapat satu jatah dan harus memulainya melalui jalur play-off regional timur. Hal itu disebutkan PSSI melalui media sosial resminya, dikutip di Jakarta, Selasa (11/1).

Tak hanya itu, Indonesia juga masih mendapat dua jatah Piala AFC 2023. Satu tim langsung lolos ke putaran final grup. Satu laga harus melewati babak play-off.

Ketiga tim yang akan berlaga nanti ditentukan melalui klasemen akhir Liga 1 2021/2022. Di mana tiga tim tersebut merupakan tiga tim teratas. Akan tetapi, posisi itu bisa saja berubah karena aturan klub yang berpartisipasi di kompetisi AFC harus memiliki lisensi klub profesional AFC.

Baca Juga:

Hasani Abdulgani Meluruskan Kekhawatiran Mees Hilgers soal Syarat Bela Timnas

Ketum PSSI kepada Timnas Indonesia: Kalianlah Juaranya

Sejauh ini hanya ada sembilan klub Liga 1 yang mendapatkan lisensi AFC pada tahun 2021. Mereka adalah Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar.

Terakhir kali Indonesia mempunyai wakil di Liga Champions Asia terjadi pada tahun 2020, yakni Bali United. Sayang, Serdadu Tridatu gagal lolos sampai putaran final fase grup.

Sedangkan untuk Piala AFC, Indonesia rutin mengirimkan perwakilannya sejak tahun 2009. Meski sempat tak berpartisipasi pada tahun 2017.

Di Piala AFC 2022, Indonesia mengirimkan dua wakilnya seperti tahun sebelumnya, yakni Bali United dan PSM. Pasalnya, Piala AFC 2021 dibatalkan akibat pandemi COVID-19. Prestasi terbaik klub Indonesia di Piala AFC adalah menjadi semifinalis yang dicatatkan Persipura pada tahun 2014.

Pssi Afc Piala AFC Liga Champions Asia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.997

Bagikan