BolaSkor.com - Indonesia dapat bernapas lega. Pasalnya keputusan ban yang dilakukan Agensi Anti Doping Dunia (WADA) kepada Indonesia tidak mempengaruhi penyelenggaraan WSBK dan MotoGP. Indonesia dipastikan masih bisa menggelar dua kejuaraan tersebut.

Sebelumnya, WADA memberikan keputusan sepihak kepada Indonesia terkait tes dopping. WADA menilai Indonesia belum mengimplementasikan tes sesuai standar yang ditetapkan. Akibat hal ini Indonesia terancam tidak dapat menyelenggarakan WSBK dan MotoGP.

Hal ini menimbulkan keraguan dari berbagai pihak. Ada kemungkinan jadwal yang sudah ditetapkan Dorna dapat berubah. Indonesia berpeluang besar dicoret sebagai tuan rumah.

Namun, Indonesia tidak perlu khawatir. Pasalnya WADA memperbolehkan Indonesia menyelenggarakan WSBK dan MotoGP. Alhasil Dorna masih dapat menjalankan kompetisi sesuai jadwal.

Baca Juga:

Masih Ada Sosok Lain Penerus Rossi

Marc Marquez Tidak Perlu Fit 100 Persen untuk Rebut Gelar Juara

“Indonesia tidak diizinkan diberikan hak menjadi tuan rumah untuk acara baru. Namun, jika event olahraga sudah disepakati sebelumnya, Indonesia masih diperbolehkan menjadi tuan rumah,” ucap juru bicara WADA dikutip dari crash.net.

Kendati demikian, sesuai sanksi yang dikeluarkan, bendera Indonesia tetap dilarang berkibar sampai masa hukuman habis.

Dengan kata lain, para pembalap Indonesia kehilangan haknya mengibarkan bendera merah putih saat berlangsungnya seremoni podium.

Sebagai informasi, kebijakan ini tidak hanya diberikan kepada Indonesia. Thailand yang mendapatkan sanksi dari WADA juga diperbolehkan mengadakan WSBK dan MotoGP.

Penulis: Bintang Rahmat