Indonesia Incar Tuan Rumah Piala Asia 2023, AFC Mulai Cek Kesiapan Stadion

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 03 September 2022
Indonesia Incar Tuan Rumah Piala Asia 2023, AFC Mulai Cek Kesiapan Stadion
AFC juga melihat lapangan latihan ABC Senayan. (PSSI)

BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mulai mengecek kesiapan stadion bakal calon venue Piala Asia 2023. Pengecekan dilakukan untuk memastikan kelayakan, sesuai penawaran yang diajukan oleh PSSI.

Seperti diketahui, Indonesia ingin menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 melalui PSSI. Surat ketertarikan sudah diajukan sebelum dilanjutkan penawaran resmi yang harus diserahkan 31 Agustus, meski belakang dilaporkan diperpanjang hingga 15 September.

Indonesia kini bersaing dengan dua negara lain, yakni Korea Selatan dan Qatar. Belakangan Australia menyatakan mundur dalam proses penawaran tuan rumah Piala Asia 2023.

Baca Juga:

Australia Mundur, Indonesia Tinggal Bersaing dengan Korsel dan Qatar

Potensi Piala Asia 2023 Mundur ke 2024 jika Tak di Indonesia atau Korsel

Menurut PSSI, perwakilan AFC sudah tiba di Indonesia Kamis (1/9) malam. Keesokannya atau Jumat (2/9) siang melakukan inspeksi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta selain melihat lapangan latihan.

Pada Sabtu (3/9), wakil AFC akan menuju Surakarta untuk melihat Stadion Manahan. Inspeksi yang dilakukan untuk mengecek kesiapan venue, baik venue untuk bertanding maupun lapangan latihan yang akan dipakai oleh tim.

“PSSI menyambut baik kedatangan perwakilan AFC yang datang untuk mengecek stadion yang menjadi calon tempat bertanding Piala Asia 2023. Setelah dokumen bidding diterima memang AFC langsung merencanakan kedatangan mereka pada 1-4 September 2022 ini,” ungkap Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi di laman PSSI.

Yunus menambahkan perwakilan AFC yang datang turut ditemani oleh perwakilan dari PSSI. Dalam kunjungan ini AFC memastikan semua fasilitas terpenuhi, seperti venue utama, lapangan latihan, hingga hotel untuk tim.

“Agenda kedatangan AFC memang cukup singkat. Tim inspeksi mereka terbagi dalam beberapa tim, di mana setiap tim hanya melakukan inspeksi selama 1-4 hari saja. Yang mereka pastikan ialah dokumen bidding dan venue yang ada sesuai dengan keadaan aslinya dengan semua fasilitas yang memenuhi standar untuk level Piala Asia” tutup Yunus.

Selanjutnya perwakilan AFC menuju Korea Selatan untuk mengecek kesiapan venue di sana. Sedangkan pada 8-10 September, perwakilan AFC akan menuju ke Qatar.

Timnas Indonesia Piala Asia 2023 Piala Asia Afc Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan