Indonesia Kirim 599 Atlet ke SEA Games 2023, Menpora Optimistis Pertahankan Tiga Besar

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 17 April 2023
Indonesia Kirim 599 Atlet ke SEA Games 2023, Menpora Optimistis Pertahankan Tiga Besar
Menpora Dito (tengah) bersama Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengumumkan jumlah atlet yang diberangkatkan ke SEA Games 2023. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo resmi mengumumkan jumlah atlet yang memperkuat Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja pada 5-17 Mei.

Berdasarkan rekomendasi tim review Kemenpora, Indonesia mengirimkan 599 atlet ke pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara edisi ke-32 itu. Menpora Dito pun optimistis bisa mempertahankan prestasi yang ditorehkan di SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam di mana Indonesia berhasil menempati peringkat tiga.

"Saya optimis dan yakin, usai duduk bersama dengan Presiden NOC, Sekjen KONI dan Tim Review bahwa peringkat kita minimal bertahan (peringkat ketiga) di SEA Games Kamboja 2023," kata Menpora Dito didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, saat jumpa pers di Media Center Kemenpora, Jakarta, Senin (17/4).

Menpora menjelaskan, peningkatan jumlah atlet yang dikirimkan ke SEA Games 2023 karena lebih banyak nomor beregu yang dipertandingkan ketimbang nomor individu. Saat SEA Games 2021 Vietnam, Indonesia mengirimkan sebanyak 499 atlet.

Baca Juga:

Jumlah Atlet dan Cabor SEA Games 2023 Resmi Ditetapkan

Bea Cukai dan NOC Indonesia Kerja Sama Rumuskan Regulasi Impor Alat Olahraga

CdM dan KBRI Kamboja Koordinasi Kesiapan Akomodasi Kontingen SEA Games

"Pada SEA Games Kamboja untuk cabor yang diikuti sebanyak 31 cabang olahraga. Atlet yang dikirim sebanyak 599 atlet. Jumlah ini ada kenaikan hampir 100 atlet dibanding dengan SEA Games Hanoi 2021 lalu."

"Kemudian diganti dengan cabor beregu. Jadi, yang dipertandingkan di Kamboja tapi tidak di SEA Games Hanoi adalah Hoki (38 atlet), Kriket (30 atlet), Waterpolo (26 atlet). Jadi ini adalah alasan kenaikan jumlah kontingen atlet kita hampir 100 atlet," jelas Menpora Dito.

Menpora Dito mengatakan keputusan terkait jumlah atlet ini merupakan keputusan bersama antara pemerintah dan pemangku kepentingan yang berpatokan pada penilaian tim review.

"Insyaallah ini yang terbaik untuk Indonesia dan Merah-Putih. Jadi, memang dengan membengkaknya kontingen itu adalah strategi dan tantangan yang harus dilalui," ujarnya.

Menpora Kemenpora Koi Dito Ariotedjo SEA GAMES SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan