Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Ini 10 Stadion yang Disiapkan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 24 Oktober 2019
Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Ini 10 Stadion yang Disiapkan
Logo Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Induk Sepak Bola Dunia, FIFA, resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Hal ini seperti diinformasikan PSSI melalui akun Instagram-nya.

Indonesia sebelumnya menjadi calon, bersama dua negara Benua Amerika, Peru dan Brasil. FIFA memutuskan Indonesia menjadi tuan rumah dalam rapat dewan FIFA di Shanghai, 23-24 Oktober.

Pada 24 Oktober, FIFA punya agenda memutuskan tuan rumah beberapa ajang seperti Piala Dunia Klub 2021, termasuk Piala Dunia U-20 2021, dan penjadwalan Piala Dunia 2022, dan pelaksanaan Piala Dunia Wanita U-17 di India pada 2020.

Baca Juga:

Piala Dunia U-20 2021 Jadi Milik Indonesia, Peru Kebagian Piala Dunia U-17 2021

PSSI: Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

"Segala puji kepada Tuhan dengan segala kuasa-Nya. Berkat doa dan usaha kita semua, Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021," tulis PSSI.

PSSI sebelumnya menominasikan 10 stadion sebagai venue. Apa saja stadion tersebut?

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) (Jakarta)

Stadion Utama Gelora Bung Karno
Stadion Utama Gelora Bung Karno. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi stadion paling utama Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2021. SUGBK merupakan stadion megah pertama Indonesia yang dibangun Presiden Republik Indonesia pertama, Ir Soekarno, untuk Asian Games 1962.

SUGBK berkapasitas 77.000. Kapasitas ini menyusut karena renovasi SUGBK untuk Asian Games 2018, karena memasang single seat. SUGBK dilengkapi dengan sistem pencahayaan berkekuatan 3.500 lux Tentu saja, SUGBK sudah berstandar FIFA dan AFC.

2. Stadion Wibawa Mukti (Cikarang)

Stadion Wibawa Mukti
Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. (Youtube)

Stadion Wibawa Mukti menjadi venue kedua yang disiapkan PSSI untuk Piala Dunia U-20 2021. Stadion Wibawa Mukti terletak di Cikarang, Jawa Barat.

Stadion Wibawa Mukti kerap menjadi venue pertandingan Timnas Indonesia. Stadion ini sudah berstandar FIFA dan AFC. Stadion Wibawa Mukti berkapasitas 30.000 penonton. Stadion Wibawa Mukti menjadi salah satu venue cabang olahraga sepak bola pria Asian Games 2018.

3. Stadion Pakansari (Bogor)

Stadion Pakansari
Stadion Pakansari. (affsuzukicup.com)

Stadion Pakansari merupakan stadion yang terletak di Kabupaten Bogor, Cibinong. Stadion ini berkapasitas 30.000 penonton.

Stadion yang dibangun pada tahun 2012 itu kini menjadi markas klub Liga 1 2019, TIRA-Persikabo. Stadion Pakansari kerap menjadi venue pertandingan Timnas Indonesia dari level junior hingga senior.

Stadion Pakansari menjadi salah satu venue cabang olahraga sepak bola pria Asian Games 2018. Stadion Pakansari sudah berstandar FIFA dan AFC.

4. Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi)

Stadion Patriot Candrabhaga
Stadion Patriot. (Instagram Lestarindo Soccerfield)

Stadion Patriot sebelumnya menjadi salah satu venue cabang olahraga sepak bola pria Asian Games 2018. Stadion ini juga diajukan PSSI sebagai venue untuk Piala Dunia U-20 2021.

Stadion berkapasitas 30.000 ribu penonton ini kerap menjadi venue pertandingan Timnas Indonesia dari level junior hingga senior. Stadion ini juga sering menjadi markas Persija Jakarta dan Bhayangkara FC di Liga 1 2019. Stadion Patriot sudah berstandar FIFA dan AFC.

5. Stadion Manahan (Solo)

Stadion Manahan
Stadion Manahan. (Instagram Kemen PUPR)

Stadion Manahan menjadi venue kelima untuk Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Stadion Manahan baru saja direnovasi dengan memiliki infrastuktur mulai dari rumput hingga lampu yang mirip SUGBK.

Kini, stadion yang dahulu sudah menjadi markas Persis Solo tersebut, belum diuji pertandingan usai renovasi. Stadion Manahan sudah masuk standar FIFA dan AFC. Stadion Manahan sebelum renovasi sudah menjadi markas Timnas Indonesia dalam menyambut pertandingan internasional.

Stadion Gelora Bung Tomo Stadion Gelora Bung Karno Stadion utama gelora bung karno Stadion Wibawa Mukti Stadion Pakansari Stadion manahan Stadion Patriot Candrabhaga Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Stadion I Wayan Dipta Stadion mandala krida Stadion si jalak harupat Pssi Fifa Piala dunia u-20 Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan