Indonesia Tambah Tiga Atlet ke Olimpiade Tokyo

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 18 Juni 2021
Indonesia Tambah Tiga Atlet ke Olimpiade Tokyo

BolaSkor.com - Indonesia dipastikan menambah tiga atlet akan berangkat ke Olimpiade 2020 Tokyo. Penambahan ini didapatkan lewat cabang renang dan atletik.

Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry J Kono mengatakan jatah tersebut didapatkan berdasarkan kuota negara. Renang menerima dua tiket untuk perenang putra dan putri, sedangkan atletik hanya satu tiket dari jalur universality places atau unqualified athletes.

Baca Juga:

Tak Ada Multievent yang Tidak Bisa Ditaklukkan Markis Kido

Legasi Markis Kido Tak Ternilai untuk Bulu Tangkis Indonesia

Universality places atau unqualified athletes merupakan salah satu sistem kualifikasi yang diterapkan federasi olahraga internasional yang mengizinkan Komite Olimpiade Nasional (NOC), yang gagal meloloskan atletnya ke salah satu cabang olahraga Olimpiade, untuk mengajukan satu atlet putra dan putri peringkat tertinggi agar bisa berkesempatan tampil di Tokyo.

“Untuk atletik, kami sudah menerima nama dari PB PASI, yaitu sprinter putri Alvin Tehupeiory. Sementara renang, kami masih menunggu pengajuan nama dari PB PRSI. Informasi terakhir yang kami terima, mereka ingin melakukan seleknas (seleksi nasional) dulu sebelum mengajukan nama atlet,” kata Ferry dikutip dari Antara.

Dengan tambahan tiga atlet tersebut, sudah ada total 26 atlet Indonesia dari delapan cabang olahraga yang dipastikan tampil di Tokyo. Indonesia masih berpeluang menambah wakil dari cabang panahan dan voli pantai melalui turnamen kualifikasi yang masih akan berlangsung hingga akhir Juni.

Panahan menargetkan dapat tambahan tiket untuk nomor recurve beregu di Piala Dunia 2021 Paris, 19-21 Juni. Sementara tim voli pantai akan turun di Piala Kontinental AVC 2021 di Nakhon Pathom, Thailand, 25-27 Juli.

“Kualifikasi masih berlangsung hingga akhir Juni. Harapan kami, Indonesia bisa menambah tambahan tiket Olimpiade. Kami percaya atlet-atlet Indonesia akan berjuang maksimal di kualifikasi terakhir,” ujar Ferry.

“Selain itu, kami juga masih menunggu jawaban dari Federasi Internasional untuk kepastian tiket, contohnya senam.”

Olimpiade Olimpiade Tokyo 2020
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan