Indonesia Wakil Pertama Asia di Piala Dunia Menurut FIFA

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 30 Januari 2018
Indonesia Wakil Pertama Asia di Piala Dunia Menurut FIFA

BolaSkor.com - Induk sepak bola dunia (FIFA) mengakui bahwa Indonesia merupakan negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia. Pengakuan ini disampaikan oleh FIFA melalui akun Twitter resminya.

Itu saat sesi tanya jawab berkaitan dengan Piala Dunia. Pertanyaan yang dijawab FIFA yaitu siapa tim pertama dari Asia yang tampil di Piala Dunia.

FIFA menjawab, "Hindia Belanda, yang sekarang dikenal Indonesia (PSSI) mencapai final pada 1938 di Prancis".

Hindia Belanda tampil di Piala Dunia menggantikan Jepang. Seperti diketahui Jepang mengundurkan diri karena perang berkecamuk.

FIFA hanya menyediakan satu slot untuk tim dari Asia. Hindia Belanda tak bisa bicara banyak dan takluk 0-6 dari Hongaria pada 5 Juni 1938.

Hindia Belanda terhenti karena Piala Dunia 1938 menggunakan sistem gugur. Sementara Hongaria melaju sampai partai final sebelum kalah dari Italia.

Pengakuan FIFA tentu menjadi lecutan untuk sepak bola Indonesia. Sampai saat ini, Indonesia tak kunjung mentas di Piala Dunia.

Keinginan serius tampil di Piala Dunia muncul bersamaan dengan rencana menjadi tuan rumah bersama event empat tahunan pada 2034.

Piala Dunia Fifa Sepak bola indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan