BolaSkor.com – Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri, angkat bicara soal pemilihan pemain Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada 14-23 Februari lalu. Ia tidak menampik pemilihan 34 pemain TC Timnas Indonesia ada campur tangannya.

Sebelumnya, Indra Sjafri tak hadir dalam TC Timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 14-21 Februari kemarin. Padahal kapasitas Indra Sjafri adalah asisten pelatih Timnas Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, PSSI mengumumkan Indra Sjafri jadi Dirtek PSSI menggantikan Danurwindo. Danurwindo menjadi Penasihat Dirtek PSSI. PSSI membutuhkan Indra Sjafri yang lebih cekatan, karena umur Danurwindo yang sudah tidak muda lagi.

Setelah itu, PSSI memastikan Indra Sjafri tak lagi menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia dan pelatih kepala Timnas Indonesia U-23. Timbul prasangka Shin Tae-yong bersitegang dengan Indra Sjafri, karena tidak hadir dalam rapat staf kepelatihan. Namun, hal itu dibantah Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Cucu Somantri.

Manajer pelatih Timnas Inodnesia, Shin Tae-yong, memilih bungkam soal tidak hadirnya Indra Sjafri. Namun, ia membuat pernyataan 34 pemain TC Timnas Indonesia merupakan bukan pilihannya. Melainkan pilihan Indra Sjafri.

Ia hanya memilih empat pemain Timnas Indonesia U-19 yang masuk ke dalam 34 pemain. Lalu dua pemain tambahan pengganti empat pemain yang absen, hasil dari pengamatan di Piala Gubernur Jatim 2020. Dua pemain itu adalah Koko Aria (Persebaya Surabaya) dan Madura United (Asep Berlian).

Baca Juga:

Ketum PSSI Pastikan Indra Sjafri Tak Berhak Lagi Tentukan Pemain untuk Timnas Indonesia

Tangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Enggan Dibandingkan dengan Park Hang-seo

“Saya pikir maksudnya bukan begitu, tidak mungkin dia akan melempar tanggung jawab kepada orang lain. Tapi memang benar, coach Shin orang baru, saya sudah dari 2011. Saya dan orang yang tahu persis perkembangan pemain-pemain di Indonesia,” kata Indra Sjafri pada saat launching Liga 1 2020, di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (24/2).

“Oleh sebab itu, kami yang pelatih lokal terutama saya, ada Nova (Arianto) kemarin membawa (Timnas Indonesia U-23 medali perak) SEA Games. Pasti dong pemain-pemain SEA Games kemarin itu coba dipanggil,” tambah mantan pelatih Bali United tersebut.

Namun, Indra Sjafri menegaskan Shin Tae-yong punya andil besar memilih 34 pemain dari hasil rekomendasinya. Hal itu berdasarkan video yang dilihat pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Tak ada salahnya dia berbicara seperti itu, tapi dalam konteks bukan untuk membela diri dia, dan memang nyatanya seperti itu. Jadi tidak perlu itu dipermasalahkan memang kewajiban pelatih lokal seperti saya memberikan rekomendasi dan input kepada pelatih luar, tapi tetap dia yang memutuskan,” ujar Indra Sjafri

“Dia memanggil 34 pemain saya tidak ikut. Saya hanya memberikan nama yang saya anggap dan saya pahami mereka pantas untuk dipanggil. Dan rekomendasi saya juga ada yang tidak di panggil, dan sekarang terbuka lebar. Alhamdulillah Liga dimulai 29 Februari, jadi ini akan ada kesempatan ke pelatih Timnas untuk bisa memantau langsung,” pungkasnya.