BolaSkor.com - Turnamen baru di Eropa yang digagas UEFA, Federasi Sepak Bola Eropa, bernama UEFA Conference League akan segera dimulai dan menjalani debutnya di tengah musim 2021-2022.

Pada Jumat (20/08) dini hari WIB play-off akan dimulai dengan sistem dua leg jelang fase grup. Delapan grup yang terdiri dari empat tim akan dimulai pada tahapan pertama turnamen.

Sebanyak 22 pertandingan akan dimainkan pada fase play-off dan leg satu akan berlangsung dari Kamis (19/08) malam WIB. Conference League dapat disebut sebagai kasta ketiga turnamen antarklub sepak bola Eropa setelah Liga Champions dan Liga Europa.

Tim-tim yang berpatisipasi memang tidak semuanya klub terkenal di Eropa dan dunia, tetapi dalam format saat ini ada tim seperti Tottenham Hotspur, AS Roma, serta Jose Mourinho sebagai pelatih Roma di dalamnya. Sejumlah informasi mengenai Conference League bisa dilihat di bawah ini.

Baca Juga:

Kembali Berlatih, Masa Depan Harry Kane di Tottenham Masih Gelap

Mourinho dan Simone Inzaghi Jadi Pelatih Paling Rawan Dipecat

Perkenalkan Kompetisi Terbaru UEFA, Conference League

Tottenham Hotspur

Tim-tim yang Bermain

Tidak ada tim dari Spanyol di dalam Conference League karena dua tim masuk ke Liga Europa dan Villarreal sukses memenangi Liga Europa musim lalu. Jadi mereka yang berpatisipasi adalah tim-tim yang finish di papan bawah klasemen liga di Eropa (dengan beberapa pengecualian).

Turnamen diadakan agar klub-klub kecil mendapatkan keuntungan dengan ide, setidaknya 34 negara akan terlibat di tiga turnamen UEFA dari Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League.

Hadiah

Jika berhasil memenangi titel Conference League pada final yang dihelat di Tirana, Albania, pada 25 Mei 2022 maka tim pemenang itu dijamin akan masuk fase grup Liga Europa musim depan. Juara juga mendapatkan hadiah uang sebanyak lima juta euro.

Pembagian uang sudah diberikan dari partisipasi klub serta terhitung dari fase Kualifikasi Putaran Pertama.

Tahapan

Sepanjang musim panas akan ada tiga putaran kualifikasi yang dimainkan, dengan fase terdekat adalah play-off dua leg pekan ini dan juga pekan depan. Ini akan menentukan tim-tim yang akan bermain di fase grup yang akan diundi pada Jumat 27 Agustus 2021, sehari setelah undian Liga Champions.

Tim dan Nama Beken yang Terlibat

Jose Mourinho

Tim-tim yang kandas melalui Kualifikasi Play-off Liga Europa akan turun bermain di Conference League, jadi masih ada kejutan nantinya untuk tim-tim yang bermain di sana.

Akan tapi sejauh ini sudah ada tiga tim top di Eropa yang terkenal bermain di Conference League, yaitu Feyenoord, Roma, dan Tottenham. Feyenoord tim tradisional dari Belanda dan bermain di Eredivisie.

Sementara Roma bermain di Serie A, punya basis fans besar di dunia, dan kini dilatih pelatih sukses Jose Mourinho. Bahkan Mourinho menilai Conference League bak Liga Champions.

"Saya tak ingin membuat perbedaan apapun di antara kompetisi, laga berikutnya selalu jadi prioritas," ucap Mourinho di Sky Sport.

"Tidaklah mungkin memainkan setiap laga dengan pendekatan yang sama. Kami semua sadar akan laga sulit nanti. Play-off Conference League akan terasa seperti Liga Champions."

Jadwal Play-off Leg Satu

Kamis (19/08)

Shakhter vs Maccabi Tel Aviv (20.00 WIB)

Rakow vs Gent (23.00 WIB)

KuPS vs Union Berlin (23.00 WIB)

Qarabaq vs Aberdeen (23.00 WIB)

Flora vs Shamrock Rovers (23.00 WIB)

Jumat (20/08)

Hapoel Beer Sheva vs Anorthosis (00.00 WIB)

LASK vs St Johnstone (00.00 WIB)

Pizen vs CSKA Sofia (00.00 WIB)

Riga vs Lincoln Red Imps (00.00 WIB)

Neftci vs Maccabi Haifa (00.00 WIB)

Zalgiris vs Bodo/Glimt (00.00 WIB)

Trabzonspor vs AS Roma (00.30 WIB)

Basel vs Hammarby (00.30 WIB)

Dola vs Kairat (00.30 WIB)

Jablonec vs Zilina (01.00 WIB)

Sivasspor vs Copenhagen (01.00 WIB)

Feyenoord vs Elfsborg (01.00 WIB)

PAOK vs Rijeka (01.00 WIB)

Anderlecht vs Vitesse (01.00 WIB)

Rennes vs Rosenborg (01.00 WIB)

Pacos Ferreira vs Tottenham Hotspur (01.30 WIB)

Santa Clara vs Partizan (03.30 WIB)