BolaSkor.com - Kapten Barcelona, Lionel Messi, akrab dengan cedera pada awal musim 2019-2020. Kondisi tersebut membuat Messi sering absen saat rekan-rekannya bertanding.

Faktor usia rupanya mulai dirasakan oleh Lionel Messi. Kapten timnas Argentina tersebut sudah mulai melewati usia masa emas pesepak bola dan memasuki uzur.

Usia emas pesepak bola memang berada di 27 hingga 31. Sementara itu, Lionel Messi saat ini telah memasuki umur 32 pada pertengahan 2019 silam.

Memang ada sejumlah anomali, pesepak bola yang masih bisa tampil prima setelah melewati usia 32 tahun. Sebut saja nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Paolo Maldini, hingga Francesco Totti yang abadi.

Akan tetapi, Lionel Messi bukanlah Cristiano Ronaldo yang pandai menjaga bentuk badannya. Bukan juga Paolo Maldini yang bermain sebagai seorang bek. Francesco Totti sendiri tidak mengandalkan kelincahan bagai Messi.

Baca juga:

Lionel Messi, Leonardo DiCaprio-nya Puskas Award

Ronaldo Tak Pilih Messi dan Van Dijk di Penghargaan Pemain Terbaik FIFA

Lionel Messi
Lionel Messi

Bagi seorang Lionel Messi yang mengandalkan bakat alam miliknya, tentu usia bisa menjadi batasan. Seperti diketahui, Messi sangat mengandalkan kecepatan dan kelincahan yang didukung otak cemerlang.

Ketika usianya terus bertambah, kelincahan dan kecepatan Lionel Messi perlahan tergerus. Kini, Messi tak ubahnya pesepak bola hebat yang tinggal mengandalkan kecerdasannya.

Tidak mudah tentunya Lionel Messi beradaptasi dengan kondisi tersebut. Messi bukan pemain semacam Andrea Pirlo atau Juan Roman Riquelme yang sejak awal tidak dianugerahi kelincahan dan kecepatan.

Bertambahnya usia Lionel Messi tidak dipermudah dengan Copa America 2019. Pesepak bola berusia 32 tahun tersebut tampil membela timnas Argentina pada ajang tersebut.

Apalagi timnas Argentina memainkan total enam pertandingan pada Copa America 2019, seperti kesebelasan yang lolos ke final. Sayangnya La Albiceleste harus puas hanya menempati peringkat ketiga.