BolaSkor.com - Timnas Italia juara Piala Eropa 2020. Gli Azzurri mengalahkan timnas Inggris di Wembley, Senin (12/07) dini hari WIB via drama adu penalti dengan skor 3-2 setelah imbang 1-1 di waktu normal.

Jalannya Pertandingan

Gareth Southgate kembali menggunakan taktik tiga bek yang sukses mengalahkan Jerman 2-0 di timnas Inggris, sementara Italia arahan Roberto Mancini turun dengan formasi 4-3-3.

Laga baru berjalan dua menit skenario yang tak diinginkan Italia terjadi. Inggris unggul 1-0 dari sepakan first time Luke Shaw kala menyambar umpan silang Kieran Trippier. Bek kanan Italia Giovanni Di Lorenzo lengah menjaga pergerakannya. 1-0 untuk Inggris.

Baca Juga:

Eks Manajer Chelsea: Italia Akan Kalahkan Inggris di Wembley

Giovanni Di Lorenzo, dari Pemain Serie C ke Final Piala Eropa 2020

Tujuh Kurcaci dan Nuansa Sampdoria dalam Skuad Italia

Selebrasi gol Luke Shaw

Selepas laga itu Italia mendominasi penguasaan bola. Jorginho dan Marco Verratti memainkan bola di tengah, tetapi pertahanan Inggris yang baru kebobolan satu gol sangat solid dan sulit ditembus.

Dua gelandang bertahan Inggris Declan Rice dan Kalvin Phillips melapis pertahanan dengan baik. Tiga bek Inggris plus dua bek sayap meminimalisir serangan sayap Italia dan hasilnya Italia tak banyak menciptakan peluang berbahaya ke gawang Inggris.

Kiper Inggris Jordan Pickford hanya melakukan penyelamatan rutin dari peluang Italia yang tidak terlalu berbahaya. Praktis hanya peluang dari sepakan spekulatif Federico Chiesa yang membahayakan Inggris, tetapi sepakannya melebar di sisi kiri gawang Inggris. Italia tertinggal 0-1 di babak pertama.

Mancini memainkan Domenico Berardi dan Bryan Cristante di babak kedua menggantikan Ciro Immobile dan Nicolo Barella. Pergantian itu mengubah permainan Italia, sebab kini Insigne bergerak di tengah permainan untuk menarik perhatian bek-bek Inggris.

Taktik itu berbuah manis karena permainan Italia membaik dan gol penyama kedudukan tercipta di menit 67. Leonardo Bonucci memanfaatkan kemelut di kotak penalti Inggris dari situasi sepak pojok dan menyamakan kedudukan jadi 1-1.

Selebrasi gol Leonardo Bonucci

Italia tetap mendominasi permainan dan ada dalam momentum bermain. Southgate memainkan Bukayo Saka dan Jordan Henderson menggantikan Kieran Trippier dan Declan Rice, berharap masuknya Saka dapat meningkatkan serangan Inggris.

Italia tetap memiliki penguasaan bola dan masuknya Saka menjadi ancaman bagi pertahanan Italia. Akan tapi sampai pertandingan berakhir di babak kedua tidak ada lagi gol yang tercipta. Dalam kedudukan 1-1 laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Betapa letihnya para pemain begitu terlihat di babak tambahan, apalagi kedua tim melakukannya dalam kurun waktu sepekan di fase semifinal. Sejumlah pergantian pemain yang dilakukan pelatih tak berbuah hasil.

Skor masih sama kuat 1-1 di babak tambahan dan laga dilanjutkan via drama adu penalti. Inggris baru pertama kali melakukannya di Piala Eropa 2020 sementara Italia sudah melaluinya dengan kemenangan atas Spanyol.

Timnas Italia juara Piala Eropa 2020

Italia memenangi drama adu penalti dengan skor 3-2 setelah tiga penalti Inggris, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal mencetak gol. Sementara dari Italia dua penendang penalti yang gagal mencetak gol adalah Andrea Belotti dan Jorginho. Inggris juara Piala Eropa 2020.

Susunan Pemain

Timnas Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Kyle Walker (Jadon Sancho 119'), John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier (Bukayo Saka 70'), Kalvin Phillips, Declan Rice (Jordan Henderson 73' - Marcus Rashford 119'), Luke Shaw; Mason Mount (Jack Grealish 98'), Raheem Sterling; Harry Kane.

Pemain Cadangan: Dominic Calvert-Lewin, Conor Coady, Reece James, Jack Grealish, Marcus Rashford, Sam Johnstone, Jordan Henderson, Jadon Sancho, Tyrone Mings, Aaron Ramsdale, Jude Bellingham, Bukayo Saka.

Pelatih: Gareth Southgate

Timnas Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo (Alessandro Florenzi 117'), Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson; Nicolo Barella (Bryan Cristante 54'), Jorginho, Marco Verratti (Manuel Locatelli 95'); Federico Chiesa (Federico Bernardeschi 85'), Ciro Immobile (Domenico Berardi 54'), Lorenzo Insigne (Andrea Belotti 91').

Pemain Cadangan: Domenico Berardi, Federico Bernardeschi, Alessandro Bastoni, Bryan Cristante, Alessandro Florenzi, Rafael Toloi, Alex Meret, Andrea Belotti, Manuel Locatelli, Francesco Acerbi, Matteo Pessina, Salvatore Sirigu.

Pelatih: Roberto Mancini

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini