Inggris Dikalahkan Prancis, Skema Pergantian Pemain Gareth Southgate Tuai Kritik

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 12 Desember 2022
Inggris Dikalahkan Prancis, Skema Pergantian Pemain Gareth Southgate Tuai Kritik
Inggris 1-2 Prancis (Twitter)

BolaSkor.com - Kapasitas Gareth Southgate untuk menangani Timnas Inggris kembali diragukan usai takluk dari Prancis pada perempat final Piala Dunia 2022. Kali ini giliran skema pergantian pemainnya yang disorot.

Dalam laga yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12) dini hari WIB, Inggris takluk dengan skor 1-2. Hasil ini membuat The Three Lions harus mengubur mimpi untuk meraih gelar juara dunia keduanya.

Namun secara permainan, Inggris sebenarnya tak tampil buruk. Harry Kane dan kawan-kawan bahkan unggul penguasaan bola dan tembakan ke gawang.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Kutukan Perempat Final Ancam Posisi Gareth Southgate

Bukan Prancis, tetapi Inggris yang Diuntungkan Wasit

Dibayangi Ancaman Pemecatan, Gareth Southgate Kalem

Sayangnya, keunggulan itu tak berarti banyak di lapangan. Prancis mampu meraih kemenangan setelah dua gol Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud hanya mampu dibalas sekali oleh Harry Kane.

Salah satu orang yang mengkritik skema pergantian pemain Southgate adalah Rio Ferdinand. Ia menilai sang pelatih tak berani mengambil resiko usai Kane menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-54.

"Pergantian pemain (Inggris) adalah di mana saya pikir Gareth Southgate mengecewakan kami. Itu (pergantian pemain) bagian dari taktik dan manajemen dalam pertandingan," kata Ferdinand dalam Program Five di saluran Youtube pribadinya.

"Mengubah permainan dengan pergantian pemain di akhir bisnis sebuah turnamen, saya pikir dia akan mengangkat tangannya mungkin dalam retrospeksi."

Gareth Southgate

Ferdinand menilai Southgate harusnya tampil lebih menyerang usai menyamakan kedudukan. Pada momen itu, mental para pemain Inggris tengah meningkat sedangkan lawan sebaliknya.

Ferdinand berharap Southgate memasukkan sejumlah pemain bertipe menyerang. Marcus Rashford dan Jack Grealish merupakan opsi yang baik.

Namun Southgate nyatanya tidak melakukan pergantian pemain hingga akhirnya Prancis mencetak gol kemenangan lewat sundulan Giroud. Setelah itu ia baru memasukkan Mason Mount dan Raheem Sterling.

Sementara Rashford yang berstatus top skorer Inggris di Piala Dunia 2022 baru dimasukkan lima menit sebelum waktu normal berakhir. Grealish menyusul masuk pada masa injury time.

Sayangnya keputusan Southgate itu cukup terlambat. Inggris kehabisan waktu untuk menyamakan kedudukan meski sempat mendapat hadiah penalti lagi yang gagal dikonversi menjadi gol oleh Kane.

"Saat kedudukan 1-1, saya berharap dirinya mengambil banteng dengan pergantian pemain untuk membuat kaki kami di depan. Anda memiliki Rashford dan Grealish yang dapat melanjutkan membawa kami unggul dan mengubah permainan ini," tambahnya.

"Anda harus melakukan itu ketika kami masih memiliki kesempatan untuk memenangkan pertandingan ini dan mengambil permainan dari mereka."

Meski mengkritik taktik Southgate, Ferdinand tak serta merta menuntut yang bersangkutan untuk dipecat. Ia menilai pria berusia 52 tahun itu telah melakukan pekerjaan yang bagus.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Inggris Gareth southgate Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan