Inggris Vs Jerman: Momen Penebusan Dosa dan Trauma Gareth Southgate

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 25 Juni 2021
Inggris Vs Jerman: Momen Penebusan Dosa dan Trauma Gareth Southgate
Gareth Southgate (Twitter)

BolaSkor.com - Duel klasik akan tersaji pada babak 16 besar Piala Eropa 2020 saat Inggris bertemu Jerman di Stadion Wembley, Selasa (29/6) pukul 23.00 WIB. Sosok Gareth Southgate menjadi sorotan dalam pertandingan ini.

Southgate yang kini menjabat sebagai pelatih Inggris punya kenangan buruk saat berjumpa Jerman. Momen tersebut terjadi pada semifinal Piala Eropa 1996 yang juga berlangsung di Wembley.

Dalam pertandingan tersebut, Southgate tampil sebagai starter. Ia menjadi salah satu pemain kunci Inggris di lini pertahanan.

Baca Juga:

Frank Lampard: Southgate Bisa Andalkan Mason Mount Lawan Jerman

Disia-siakan Timnas Inggris, Jadon Sancho Disarankan Perkuat Jerman

Hadapi Jerman, Situasi Bola Mati Jadi Solusi Gareth Southgate?

Gareth Southgate menjadi pesakitan pada laga semifinal Piala Eropa 1996.

Inggris mengawali laga dengan baik setelah Alan Shearer mampu memecah kebuntuan pada menit ketiga. Namun Jerman mampu menyamakan kedudukan melalui aksi Stefan Kuntz pada menit ke-16.

Skor 1-1 kemudian bertahan hingga waktu normal berakhir. Hal yang sama juga terjadi di masa perpanjangan waktu sehingga pemenang harus ditentukan melalui babak adu penalti.

Dalam momen adu tos-tosan inilah Southgate menjadi pesakitan. Ia menjadi satu-satunya eksekutor penalti yang gagal mencetak gol setelah tembakannya mampu dibaca oleh Andrea Kopke.

“Saya telah beberapa dekade memikirkannya. Karakter saya adalah merasa Anda harus mengedepankan diri Anda," kata Southgate kepada Guardian saat mengenang momen pahit tersebut pada 2018 silam.

"Mungkin saya lebih berani untuk tidak melakukannya, jika tidak percaya diri. Namun untuk membela staf yang ada di sana pada saat itu, adu penalti tidak seperti biasanya."

Southgate seolah ingin mengatakan bahwa dirinya terpaksa menjadi eksekutor penalti pada momen tersebut. Ia tak menolak kesempatan tersebut meski kurang percaya diri.

Namun publik Inggris tentu tak peduli dengan alasan Southgate. Mereka tetap menuding Southgate sebagai biang kerok kegagalan The Three Lions mengakhiri masa paceklik gelarnya di Piala Eropa.

Setelah 25 tahun berlalu, Southgate punya kesempatan untuk menebus dosa besar tersebut. Inggris yang kini dilatihnya akan kembali bertemu Jerman.

Andai Inggris mampu mengalahkan Jerman, Southgate bisa sedikit melupakan kegagalannya mengeksekusi penalti pada semifinal Piala Eropa 1996. Mereka juga akan selangkah lebih dekat dengan trofi juara.

Namun jika kalah, dosa Southgate di mata suporter Inggris tentu akan semakin bertambah. Apalagi performa Harry Kane dan kawan-kawan masih tak maksimal sepanjang turnamen ini.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Gareth southgate Piala Eropa 2020 Timnas Inggris Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan