BolaSkor.com - Timnas Inggris akan mengawali fase grup Piala Eropa 2020 melawan Kroasia di Wembley, Minggu (13/06) pukul 20.00 WIB. Gelandang Inggris Declan Rice memiliki pesan khusus kepada pemain kunci Kroasia, Luka Modric.

Pertandingan itu bak ulangan semifinal Piala Dunia 2018 dan kala itu Kroasia menyingkirkan Inggris dengan skor 2-1 di babak tambahan. Modric jadi aktor lini tengah Kroasia yang merepotkan Inggris kala itu.

Rice belum menjadi bagian timnas Inggris pada 2018 dan tengah berlibur di Dubai, mendukung Inggris sebagai fans. Tetapi situasinya kini berbeda dan Rice jadi pemain penting di lini tengah Inggris besutan Gareth Southgate.

Rice berpotensi langsung berduel dengan Modric jika turun bermain di laga nanti. Gelandang West Ham United itu sudah siap menghentikan Modric yang berlabel gelandang kelas dunia dan pernah memenangi Ballon d'Or.

Baca Juga:

Nostalgia - Mengenang Keperkasaan Belanda di Grup Neraka Piala Eropa 2008

9 Aturan yang Tak Banyak Diketahui di Piala Eropa 2020

Prediksi Pemenang Piala Eropa 2020 Versi Komputer Super

Declan Rice

"Kala itu (Piala Dunia 2018) saya jauh dari Modric. Saya masih sangat muda, saya baru saja memulai karier saya. Tapi sekarang, karena saya semakin kuat, saya semakin besar, saya menjadi lebih percaya diri dalam permainan saya," ucap Rice dikutip dari Standard Sport.

"Sekarang saya benar-benar ingin pergi dan menempatkan diri saya sendiri, melawannya dan mencoba menghentikannya. Dia pemain kelas dunia, tapi itu tidak mengganggu saya sama sekali. Saya siap untuk pergi ke sana dan memberikan segalanya."

Tatap Positif Piala Eropa 2020

Rice (22 tahun) melihat adanya kans Inggris untuk berjaya di Piala Eropa 2020, khususnya karena timnya lapar gelar dan berisikan pemain-pemain muda bertalenta. Rice mengaku tak sabar bertemu lawan-lawan kuat lainnya.

"Di pertandingan pertama kami, kami melawan Modric, yang merupakan pemenang Liga Champions empat kali, pemenang Ballon d'Or, jadi itu akan menjadi lawan yang hebat," tambah Rice.

"(Mateo) Kovacic, (Marcelo) Brozovic dari Inter, mereka adalah pemain hebat. Tapi semoga seiring kemajuan kami, kami mulai menghadapi tim papan atas, tim kelas dunia seperti Prancis."
"Anda selalu ingin bermain melawan para pemain itu. Dan saya pikir ini adalah ukuran yang baik untuk melihat di mana kita berada sebagai sebuah negara, melawan tim-tim seperti itu."

"Prancis, mereka memenangkan Piala Dunia terakhir. Kami memiliki beberapa pemain hebat yang sekarang muncul dan juga berpengalaman, jadi saya merasa kami bisa mencobanya. Ketika saya masuk ke lapangan, mentalitas saya adalah, 'Ini hanya permainan sepak bola... ini saya melawan lawan"."

"Tentu saja, ketika Anda menghadapi pemain yang lebih besar, Anda ingin menguji diri sendiri. Tetapi turnamen ini akan ada beberapa pemain kelas dunia yang bisa kami lawan dan saya ingin menguji diri saya sendiri dan saya sangat menikmati kesempatan itu," tegas dia.