BolaSkor.com - PSSI memberikan konfirmasi resmi terkait batalnya Timnas Wanita Indonesia U-15 ke Piala AFF Wanita U-15 2019. Batalnya Timnas Wanita U-15 berlaga karena ingin membangun Liga 1 Putri tahun ini.

"Dikarenakan prioritas utk membangun Kompetisi Liga 1 Putri. Maka diputuskan untuk tahun ini PSSI, tidak mengirim tim putri U-15 di Piala AFF," tulis PSSI, dalam situs resmi mereka, Jumat (5/4) siang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan, nantinya PSSI bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Australia (FFA) untuk pengembangan Liga 1 Putri.

"Beberapa waktu lalu, perwakilan dari FFA sudah berada di Sawangan untuk melihat timnas putri Indonesia. Kita prioritaskan untuk persiapan Liga 1 Putri dan Timnas Senior Putri menuju SEA Games. Selain itu timnas putri kita saat ini juga sedang mengikuti babak kedua kualifikasi olimpiade 2020 di Myanmar," ucap Ratu Tisha.

"Kompetisi ini baru akan kita bangun rencananya di September mendatang. Kita akan memulai dengan sekurang-kurangnya enam klub Liga 1 yang akan berpartisipasi," pungkas Tisha.

Baca Juga:

AFF Sebut PSSI Terkendala Dana, Timnas Wanita U-15 Batal ke Piala AFF

Wonderkid Indonesia Eks Feyenoord Yussa Nugraha Gabung SVV Scheveningen demi Mimpi ke Timnas U-19

Sebelumnya, kabar tak sedap datang dari Timnas Wanita Indonesia U-15. Timnas Wanita U-15 dipastikan gagal tampil di Piala AFF U-15 2019.

Kepastian itu diungkapkan AFF selaku konfederasi sepak bola Asia Tenggara. Di mana, AFF menulis dalam keterangan resminya Indonesia terkendala dana.

"FA of Indonesia (PSSI) menyatakan kendala anggaran sebagai alasan mengapa mereka memutuskan untuk tidak mengambil bagian tahun ini," tulis AFF.

Piala AFF U-15 Wanita rencananya akan digelar di Chonburi, Thailand, pada 9-21 Mei mendatang. Hanya ada sembilan tim yang tampil, usai Indonesia mundur.

Grup A dihuni oleh Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Timor Leste, usai Indonesia mundur. Grup B ditempati Thailand, Laos, Malaysia, Singapura, dan Kamboja.