BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, menginginkan kontingen SEA Games 2019 membawa Indonesia berada di dua besar. Keinginan diutarakan saat melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2019 di Filipina, bertempat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11) sore.

Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali. Pelepasan kontingen diawali penyerahan bendera Merah Putih dari Presiden Jokowi kepada Chef de Mission (CdM) SEA Games 2019, Harry Warganegara. Kontingen Indonesia berjumlah 841 atlet, sesuai laporan Menpora.

Jokowi juga berpatokan pencapaian di Asian Games di mana Indonesia bisa meloncat ke ranking keempat pada edisi 2018 di Indonesia dari posisi ke-17 pada edisi 2014 di Incheon. Karena itu ia percaya Indonesia bisa berada di dua besar setelah di edisi sebelumnya di Kuala Lumpura ada di tempat kelima.

Baca Juga:

2 Sosok Pembaca Janji Atlet: Hanifan, Pesilat yang Peluk Jokowi dan Prabowo di Asian Games 2018

Hanifan Yudani Siap Bawa Pulang Medali Emas di SEA Games 2019

"Siap?,” tanya Presiden Jokowi yang langsung dijawab oleh seluruh anggota kontingen Indonesia dengan lantang, “Siap!” seperti dilaporkan laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Presiden Jokowi berharap target diperjuangkan. "Tapi saya melihat dari wajah, dari wajah, dari wajah, dari wajah saudara-saudara memperlihatkan semangat yang tinggi yang kita harapkan apa yang tadi saya sampaikan betul-betul bisa kita raih, meskipun saya tahu bukan hal yang mudah, bukan hal yang gampang,” ucap Presiden Jokowi dikutip dari laman Setkab.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya berangkatkan tim SEA Games ke-30 di Filipina tahun 2019,” kata Presiden secara resmi melepas kontingen Indonesia ke Sea Games 2019.

Presiden Jokowi berfoto bersama kontingen Indonesia. (putra/kemenpora.go.id)

Presiden Jokowi juga menjanjikan bonus kepada peraih medali. "Kalau masuk 2 besar, ya tentu ada bonusnya. Ada bonusnya," terang Jokowi yang turut menjelaskan bahwa besarnya bonus akan dihitung.

Jokowi juga menyinggung Timnas Indonesia U-23 asuhan Indra Sjafri. Ia tampak menjagokan skuat Garuda di SEA Games 2019 cabang sepak bola.

"Kemarin sama Thailand saja menang," ujarnya. Timnas Indonesia U-23 menang 2-0 atas Thailand di laga pertama Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11).