Ini Alasan Bola Resmi UEFA Nations League Tidak Digunakan Saat Inggris Jamu Spanyol

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Minggu, 09 September 2018
Ini Alasan Bola Resmi UEFA Nations League Tidak Digunakan Saat Inggris Jamu Spanyol
Timnas Inggris Vs Spanyol. (Zimbio)

BolaSkor.com - Inggris memulai UEFA Nations League dengan kekalahan 1-2 dari Spanyol. Padahal, laga tersebut berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu (8/9).

Awal bulan ini, UEFA memperkenalkan bola resmi yang akan digunakan pada ajang UEFA Nations League. Bola tersebut diproduksi oleh Adidas selaku sponsor resmi UEFA.

Akan tetapi, pertandingan antara Inggris menghadapi Spanyol berlangsung dengan bola buatan Nike. Tentunya hal tersebut membuat bingung para pencinta sepak bola.

Rupanya, hal tersebut karena Adidas tidak memiliki kontrak eksklusif untuk UEFA Nations League. Situasi tersebut berbeda dengan Liga Champions yang setiap peserta menggunakan bola dari Adidas.

Kondisi itu memungkinkan setiap negara mengenakan bola terbaik yang mereka miliki. Sebagai contoh, Inggris yang punya kontrak dengan Nike untuk jersey dan peralatan.

Hasilnya, bola resmi UEFA Nations League hanya digunakan apabila tim tuan rumah memiliki sponsor Adidas. Sedangkan laga lain dibebaskan oleh UEFA untuk tim tuan rumah.

Sebagai contoh, partai antara Jerman melawan Prancis memakai bola resmi UEFA Nations League. Hal itu karena Jerman memang disponsori oleh Adidas.

Kondisi ini sedikit mirip dengan alasan setiap klub memiliki sponsor berbeda-beda. Sementara itu, Liga Champions mempunyai sejumlah sponsor resmi.

Pada masa depan, UEFA bisa saja mengubah kebijakan terkait UEFA Nations League. Namun, pilihan UEFA dirasa sudah cukup tepat untuk saat ini.

UEFA Nations League UEFA Inggris Spanyol Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan