Ini Alasan Protokol Kesehatan Perbasi Beda dengan FIBA

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Jumat, 26 Juni 2020
Ini Alasan Protokol Kesehatan Perbasi Beda dengan FIBA
Nirmala Dewi. (BolaSkor.com/Budi Prasetyo Harsono)

BolaSkor.com - Sekretaris Jenderal Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Sekjen Perbasi), Nirmala Dewi, menanggapi perbedaan aturan dengan FIBA. Nirmala menyebut aturan itu disebabkan protokol Pemerintah Indonesia.

Sebelumnya Perbasi mengeluarkan protokol new normal untuk kegiatan basket. Sejumlah peraturan mereka buat sesuai dengan araha Kemenpora dan Gugus Tugas.

Satu di antara aturan yang dikeluarkan Perbasi adalah kewajiban melakukan SWAB test. Syarat tersebut sempat dianggap memberatkan oleh sejumlah klub IBL.

Baca Juga:

Perbasi Tak Berikan Deadline Rajko Toroman Kembali ke Indonesia

Bocoran Rencana Louvre Surabaya untuk IBL 2021

Padahal dalam aturan FIBA setiap tim basket hanya dilakukan kewajiban rapid test. Nirmala mengatakan aturan FIBA itu bisa sesuai negara masing-masing.

"FIBA menyatakan PCR, Perbasi mengeluarkan SWAB test? Kami mengikuti aturan pemerintah, dalam hal ini Kemenpora. Dalam surat FIBA ada catatan," tutur Nirmala kepada BolaSkor.com.

"Apa yang FIBA keluarkan disesuaikan ke negara masing-masing. Di Indonesia itu Kemenpora, salah satunya wajib SWAB. Memang akhirnya klub atau daerah yang mau buat kompetisi jadi berat," tambahnya.

IBL sendiri akan mengadakan pertemuan dengan pihak klub untuk membahas hal tersebut. Sebelumnya, Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, akan mendengar berbagi pihak.

Breaking News Perbasi Basket
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan