BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2, membeberkan format Liga 2 2021. Ini sesuai rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada 7 September 2021 kemarin.

Liga 2 akan memainkan format home tournament. Dengan sistem double round robin pada babak penyisihan. Selanjutnya, dua tim terbaik melaju ke babak 8 besar.

Nantinya empat tim berhak melaju ke final. Dua tim finalis mendapat tiket promosi ke Liga 1. Satu tiket promosi tersisa diperebutkan dua tim yang kalah di semifinal.

"Sesuai hasil rapat Exco PSSI pada 7 September 2021, diputuskan bahwa Liga 2 2021 dilaksanakan dengan format empat grup dan dengan sistem double round robin di babak penyisihan grup," tulis surat PT LIB bernomor 432/LIB-KOM/IX/2-21 pada Rabu (8/9).

"Untuk penetapan venue babak penyisihan Liga 2, PT LIB akan melakukan proses bidding ulang kepada klub yang berminat untuk menjadi tuan rumah babak penyisihan," tulis surat bertanda tangan Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita itu.

Baca Juga:

Sponsor dan Hak Komersial Liga 2 Akan Disampaikan saat Managers Meeting

Pendaftaran Ditutup Malam Ini, Berikut Kriteria Tuan Rumah Liga 2

Persis Solo
Skuat Persis Solo. (Media Persis)

Pendaftaran Tuan Rumah Ditutup pada Hari Ini

PT LIB memperbolehkan tuan rumah bisa bermain di stadionnya masing-masing. Penutupan pendaftaran tuan rumah ditutup pada Kamis (9/9).

"Kali ini beda, setiap klub tuan rumah berhak bermain di stadionnya masing-masing. Kalau kemarin kan tidak. Ya jadi pemilihan tuan rumah yang kemarin batal. Insyallah Liga 2 akan bergulir sampai Desember 2021 mendatang," tambah Akhmad Hadian Lukita kepada BolaSkor.com.

Sebelumnya, PT LIB sudah membuka pendafaran tuan rumah Liga 2 2021. Waktu itu sudah ada calon tuan rumah Liga 2 2021, yakni PSMS Medan, Sriwijaya FC, PSCS Cilacap, Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, PSPS Riau, dan Persis Solo.

Lalu muncul isu 8 stadion yang akan digunakan untuk Liga 2 2021. Ini berdasarkan surat izin yang dikeluarkan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia kepada PT LIB.

Stadion Teladan Medan, Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Kaharudin Nasution, Pekanbaru, Stadion Utama Riau, Stadion Wijaya Kusuma Cilacap, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Batakan Balikpapan.

"Tidak, itu tidak berlaku lagi (calon tuan rumah Liga 2 waktu itu). Kini kita buka pendaftaran lagi. Insyallah akhir September 2021 Liga 2 bisa jalan," tegas pria yang akrab disapa Lulu tersebut.