Ini Pembagian Grup dan Sistem Kompetisi Liga 1 U-16 2018

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 07 September 2018
Ini Pembagian Grup dan Sistem Kompetisi Liga 1 U-16 2018
Logo PSSI. (PSSI)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI siap menggelar kompetisi Liga 1 U-16. Kompetisi ini sebagai wadah para tim Liga 1 yang diwajibkan mempunyai tim U-16. Kompetisi ini digelar dari tanggal 15 September hingga 16 Desember 2018.

Kompetisi Liga 1 U-16 pertama kali diadakan pada tahun 2018 ini. Sebelumnya, kompetisi kelompok umur usia dini hanya digelar dengan tajuk Liga 1 U-19 oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Seperti diketahui, pembentukan tim kelompok umur junior U-16 dan U-19 tak terlepas dari regulasi AFC. Konfederasi Sepak Bola Asia itu mewajibkan setiap tim di kasta tertinggi kompetisi bal-balan negara anggotanya, wajib memiliki akademi jenjang umur. Tak kecuali Indonesia yang notabenenya PSSI selaku federasi sepak bola.

Sama seperti U-19, tim U-16 yang berkiprah di Liga 1 U-16 merupakan tim turunan dari peserta kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1. Jadi, jika ada klub Liga 1 yang degradasi, tim U-16-nya tidak berlaga lagi. Sedangkan peserta promosi dari Liga 2 wajib memiliki tim U-16 untuk menggantikannya.

Liga 1 U-16 2018 untuk pertama kali digelar dibagi ke dalam 3 grup dari 18 tim. Setiap grup dihuni 6 tim. Hal itu sesuai hasil manager meeting di Sawangan, Depok, Kamis (6/9) kemarin.

Lalu bagaimana mekanismenya? Setiap pertandingan diberi waktu 30 menit X 2. Grup A dan Grup B menjalankan sistem kandang-tandang. Namun, kandang-tandang yang dilakukan sebanyak dua kali. Artinya, setiap tim bertemu dengan lawan yang sama sebanyak empat kali.

Sementara itu, Grup C memainkan laga home tournament. Namun, sistemnya masih menggunakan empat seri. Jadi tetap saja, setiap tim bertemu dengan lawan yang sama sebanyak empat kali.

Semua itu dilakukan agar setiap tim dapat menjalani 20 pertandingan selama satu kompetisi. Laga pun dimainkan hanya waktu weekdays.

"PSSI bangga dapat menyelenggarakan kompetisi Liga 1 Elite Pro Academy U-16 di bulan September ini. Ini menjadi sejarah kami yang untuk pertama kalinya mengadakan kompetisi di level usia tersebut," ucap Joko Driyono, wakil ketua umum PSSI seperti dilansir laman resmi PSSI.

"PSSI berharap dengan adanya kompetisi ini membantu tim nasional atau klub-klub profesional untuk mencari pemain," tambah Joko.

PSSI Liga 1 U-16 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.974

Bagikan