Ini Wasit Persija Vs Persib Nanti Malam, Pernah Buat Kontroversi di Awal Musim

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 01 Maret 2022
Ini Wasit Persija Vs Persib Nanti Malam, Pernah Buat Kontroversi di Awal Musim
Fariq Hitaba kembali memimpin laga Persija Vs Persib. (istimewa)

BolaSkor.com - Laga panas pekan ke-28 Liga 1 2021/2022 antara Persija Jakarta dan Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (1/3) malam WIB, bakal dipimpin oleh wasit asal Yogyakarta, Fariq Hitaba.

Berdasarkan informasi yang dibagikan di laman LIB, Fariq akan bertugas menjadi wasit utama di duel yang kerap dilabeli sebagai El Clasico Indonesia tersebut.

Nantinya Fariq Hitaba akan dibantu oleh Dedek Duha sebagai asisten wasit satu dan Sulaiman Simatupang sebagai asisten wasit dua, sedangkan Faulur Rosy bertugas sebagai wasit cadangan.

Ini bukan kali pertama Fariq Hitaba memimpin laga Persija melawan Persib. Sebelumnya, wasit berlisensi FIFA sejak 2020 itu menjadi menjadi pengadil laga Persija Vs Persib pada Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/7).

Saat itu Fariq Hitaba mengeluarkan total tujuh kartu kuning dan satu kartu merah. Kartu kuning diberikan kepada Maman Abdurrahman dan Riko Simanjuntak dari Persija.

Sedangkan dari kubu Persib ada Hariono, Indra Mustafa, Achmad Jufriyanto, Rene Mihelic, dan Ezechiel N'Douassel. Nama terakhir bahkan mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-77 sehingga Persib bermain dengan 10 pemain di sisa laga yang berakhir dengan skor 1-1 tersebut.

Baca Juga:

Selalu Menang di 3 Pertemuan Terakhir Jadi Modal Persija Hadapi Persib

Persib Masih Terluka, Robert Alberts Siapkan Cara Khusus Menghadapi Persija

Fariq Hitaba kemudian kembali menjadi wasit Persija Vs Persib saat kedua tim tersebut bertemu di leg pertama final Piala Menpora 2021. Laga tersebut dimenangkan Persija dengan skor 2-0.

Menarik untuk dinanti bagaimana kepemimpinan Fariq Hitaba di laga Persija Vs Persib malam nanti. Sebab, belakangan ini kinerja korps baju hitam di Liga 1 sedang dalam sorotan.

Fariq Hitaba sendiri musim ini sempat membuat keputusan kontroversial di pertandingan Persipura Jayapura kontra Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8).

Dalam laga itu Fariq Hitaba menganulir gol Persita yang diciptakan Ahmad Nur Hardianto karena menilai pemain tersebut dalam posisi offside.

Fariq Hitaba juga tidak mengesahkan gol penyerang Persipura, Yevhen Bokhasvili. Fariq mengambil keputusan tersebut karena menganggap Yevhen mengganggu kiper Persita yang akan melakukan tendangan sebelum mencetak gol.

Keputusan kontroversial terbaru wasit di Liga 1 terjadi semalam di laga antara Persebaya Surabaya dan Madura United yang dipimpin oleh Agus Fauzan.

Wasit asal Yogyakarta tersebut tidak memberikan penalti untuk Persebaya padahal bek Madura United, Fachruddin Aryanto, melakukan pelanggaran terhadap Samsul Arif tepat di depan sang pengadil.

Keputusan itu membuat pemain Persebaya berang dan langsung melancarkan protes. Di sesi konferensi pers usai laga, pelatih Persebaya, Aji Santoso, meminta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk memperbaiki kinerja wasit.

"Kami dan beberapa pelatih asing memang mengeluhkan kinerja wasit. Semoga ke depan harus lebih baik," kata Aji.

Persija vs persib Persib vs persija Persija jakarta Persib Bandung Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.298

Bagikan