Instruksi Mendagri, Liga 1 2021/2022 Hanya 9 Laga dalam Seminggu

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 31 Agustus 2021
Instruksi Mendagri, Liga 1 2021/2022 Hanya 9 Laga dalam Seminggu
Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2021/2022 mendapat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) soal pelaksanaan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Instruksi Mendagri tersebut tertuang dalam nomor 38/2021. Dalam Instruksi Mendagri, ada beberapa poin penegasan, mulai dari soal pelaksanaan pertandingan dalam seminggu, protokol kesehatan (prokes), hingga catatan prokes yang harus ditingkatkan.

"Sesuai Instruksi Mendagri nomor 38, 9 pertandingan dalam seminggu. Dengan prokes ketat. Ini hasil evaluasi tiga laga awal. Evaluasinya Alhamdullilah sangat memuaskan. Kita akan memaksimalkan seperti kemarin. Kalau bisa lebih baik lagi," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita dalam konferensi pers virtual, Selasa (31/8).

"Soal catatan prokes ini lebih ke soal himbauan prokesnya,apakah sudah cuci tangan yang hadir di stadion. Ini hanya catatan minor," tambahnya.

Baca Juga:

Pemerintah Apresiasi Tiga Laga Awal Liga 1 2021/2022 Berjalan Lancar

BNPB Setuju Liga 1 2021/2022 Lanjut

Untuk itu, PT LIB sudah menggelar pertemuan dengan 18 klub Liga 1 2021/2022. Pertemuan ini untuk mensosialisasikan soal Instruksi Mendagri, terlebih sembilan laga dalam seminggu, dimulai 3 September mendatang.

Dimana masing-masing tiga laga di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. 18 Klub pun sudah menerima jadwal dari PT LIB.

"Pertemuan dengan klub kami berdiskusi jadwal, akomodasi, dan prosedur prokes. Masih ada yang bertanya minus H-1 datang, padahal kita buat peraturan minus H-2. Apakah ada PCR mandiri? PCR mandiri sebelum masuk stadion. Bagaimana soal jadwal sesuai Instruksi Mendagri lebih tepatnya," ujar Akhmad Hadian Lukita.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Satgas COVID-19 setuju Liga 1 2021/2022 berlanjut. Ini hasil evaluasi dalam tiga laga awal Liga 1 2021/2022.

Dimana, Bali United mengalahkan Persik Kediri 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 27 Agustus kemarin.

Lalu satu hari berselang, Persita Tangerang kalahkan Persipura Jayapura 2-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Lalu Bhayangkara FC menang 2-1 atas Persiraja Banda Aceh di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, 29 Agustus kemarin.

Liga 1 2021/2022 digelar dengan protokol kesehatan ketat. Dimana hanya ada 299 orang yang hadir di stadion. 299 orang itu wajib negatif swab PCR minimal H-1, dan sudah divaksin sebanyak dua dosis.

Bhayangkara FC
Laga Bhayangkara FC vs Persiraja Banda Aceh. (Media Bhayangkara FC)

Bunyi Instruksi Mendgari nomor 38/2021:

"Kompetisi Sepak Bola Liga 1 (satu) dapat dilaksanakan maksimal 9 (sembilan) pertandingan setiap minggunya dan diselenggarakan di wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 3 (tiga) dan level 2 (dua) dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Seluruh pemain, ofisial, kru media dan staf pendukung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan;

2. Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion. Kegiatan menonton bersama oleh suporter juga tidak diperbolehkan;

3. Seluruh pemain, ofisial, kru media dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, hasil negatif PCR H-1 dan hasil negatif antigen pada hari pertandingan; dan

4. Pelaksanaan kompetisi Liga 1 wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia."

PT LIB PT Liga Indonesia Baru Pssi Akhmad Hadian Lukita Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan