BolaSkor.com - AC Milan dan Inter Milan dikabarkan telah mengirim dua proposal mengenai desain baru Stadion San Siro dengan nama 'New San Siro'. Calon stadion baru tersebut ditaksirkan bisa memakan biaya 1 miliar euro (sekitar Rp 16,1 triliun).

Stadion San Siro saat ini yang memiliki kapasitas sebanyak 75.000 kursi telah berdiri sejak 1925 dan secara esmi memiliki nama Giuseppe Meazza, legenda sepak bola Italia, sejak 1980.

"Dua proposal konstruksi merupakan hasil diskusi yang sudah dikembangkan dengan parlemen dan pemerintah kota sejak November 2019," bunyi pernyataan resmi klub dikutip dari Daily Mail.

Konsep New San Siro

Nantinya duo Milan juga berencana akan menginvestasi sebesar 875 juta euro (sekitar Rp 14 miliar) untuk membuat area stadion menjadi pusat rekreasi.

Kedua konsep yang diberikan Inter dan AC Milan nantinya dipastikan inovatif dan didedikasikan untuk generasi muda. Stadion baru itu nantinya akan memberikan dampak kepada lingkungan yang rendah dan ketahanan untuk waktu yang lama.

"Stadion baru nantinya akan menjadi pusat yang digunakan untuk kegiatan ritel, olahraga, budaya dan rekreasi baik di dalam dan luar ruangan, termasuk pembangunan lintasan lari, jalur sepeda, gym luar ruangan, taman skateboard, lapangan sepakbola mini dan museum olahraga."

Konsep New San Siro

"Sebagian besar layanan olahraga akan tersedia secara gratis bagi warga Milan dan sekitarnya."

"AC Milan dan FC Internazionale Milano meyakini itu penting, terutama mengingat momen saat ini, untuk memulai sebuah proyek yang mewakili lebih dari satu milyar investasi pihak swasta, yang akan menghasilkan ribuan pekerjaan baru yang berfungsi sebagai landasan untuk masa depan pengembangan kota Milan dan sepakbola Italia."

Konsep yang dirancang Populos dan Manica/Sportium memungkinkan perubahan stadion dari 56 ribu persegi hingga mencapai 106 ribu meter persegi.

Penulis: Alexander Matthew