BolaSkor.com - Inter Milan dan AC Milan resmi memperkenalkan dua rancangan stadion yang akan menggantikan San Siro. Meski kapasitas stadion anyar akan lebih kecil, namun teknologi dan arsitektur yang dipakai sangat modern.

Inter Milan dan AC Milan sepakat membangun stadion baru di sekitar San Siro. Kedua klub itu menilai, mempertahankan San Siro sebagai kandang tidak akan memberikan dampak positif di masa depan.

Sebagai contoh, stadion San Siro saat ini masih dimiliki pemerintah kota Milan. Untuk itu, Inter dan Milan masih harus patungan membayar uang sewa San Siro.

Baca juga:

Hasil Laga Liga Eropa: Inter Jaga Catatan Unbeaten, Real Madrid ke Puncak Klasemen

Marco Giampaolo Tidak Memuaskan, AC Milan Lirik Eks Pelatih Inter

Inter dan Milan juga tidak berniat merenovasi San Siro. Sebab, stadion tersebut sudah terlalu tua sehingga akan menyulitkan. Walhasil, membangun stadion baru adalah jalan yang diambil.

Desain pertama adalah milik Manica/Sportium. Nantinya, stadion anyar Inter dan Milan akan berbentuk dua cincin yang saling terikat yang merupakan penggambaran dari kedua klub itu.

Selain itu, desain dari Manica/Sportium juga akan menyajikan deretan foto penggemar dari kedua tim di dinding luar stadion. Kursi untuk penonton pun sudah diatur senyaman mungkin.

Desain Manica

"Setiap cincin mewakili satu di antara dua klub itu. Akan ada panel dengan besar sekitar 1 meter persegi yang bergambar wajah suporter di masa lalu, sekarang, dan masa depan," papar petinggi Manica, David.

"Kami manarik kursi lebih dekat dengan lapangan, menumpuknya lebih tinggi dan curam. Jadi, semua orang bisa memberikan dukungan yang intens dan merasakan atmosfer," sambungnya.

Desain Manica

Manica juga berencana membangun gedung, pusat perbelanjaan, dan hotel di sekitar stadion. Hal itu dimaksudkan untuk menambah nilai jual dan pemasukan dari stadion anyar.

“Ini bukan hanya tentang menjadi lebih dekat dan lebih keras, tetapi juga lebih aman, lebih nyaman dan dapat diakses oleh semua orang di kota."

Desain Manica

Tidak berhenti sampai di situ, di sekitar stadion juga akan banyak tersedia ruang terbuka hijau. Adapun, stadion San Siro lama akan dipertahankan lapangannya untuk dinikmati warga Milan.

Sementara itu, desain kedua dibuat oleh Populous. Desain tersebut disebut Cathedral of Calcio karena terinspirasi bangunan Duomo di Milan.

"Proyek kami sepenuhnya tentang stadion yang terinspirasi oleh Milan dan untuk Milan," jelas direktur pengelola Populous, Chris Lee.

Desain Populous

"Kami akan memproduksi Galleria yang dipenuhi cahaya dari pepohonan. Terdapat ruang demokrasi di mana penggemar umum dan VIP dapat berbaur pada saat masuk stadion."

Desain Populous

Bangunan stadion milk Populous akan dilapisi kaca pada area luar. Stadion tersebut juga ramah lingkungan karena dapat menyerap sinar matahari untuk diubah menjadi energi. Selain itu, ada pula hotel dan bangunan pendukung lainnya di sekitar stadion.

Desain Populous

"Ini juga merupakan kawasan yang lebih besar dengan 22 hektar ruang hijau. Akan ada tempat perbelanjaan yang menjual makanan dan minuman," kata Chris Lee.

Desain stadion dari Populous

"Arsitektur bangunan bisa berubah, bukan hanya LED atau lampu warna, melainkan dapat menampilkan lambang Milan atau ular biru milik Inter Milan."

Jadi, kamu pilih yang mana?