Investor Qatar Bisa Beli Manchester United, tetapi Bukan Saham Besar

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 09 Februari 2023
Investor Qatar Bisa Beli Manchester United, tetapi Bukan Saham Besar
Old Trafford, Stadion Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - Baru ini banyak muncul kabar apabila investor dari Qatar di bawah naungan QSI, Qatar Sports Investments, akan membeli saham Manchester United yang memang sudah dilelang oleh Keluarga Glazer.

QSI diyakini bersama dengan konsorsium atau investor internasional mempertimbangkan membeli saham klub di Inggris, salah satunya Man United. QSI bergerak di bawah QIA (Qatar Investment Authority), yang terkenal di Qatar, dan memiliki aset pada angka lebih dari 372 miliar poundsterling.

Pada Januari lalu Mansoor Al Mahmoud, CEO QIA, menuturkan kepada Bloomberg apabila perusahaannya tertarik untuk terlibat lebih dalam sepak bola dan klub yang saat ini jadi bisnis besar di Eropa.

Baca Juga:

Wout Weghorst Masih Tumpul, Erik ten Hag Berikan Pembelaan

Tidak Benar Membandingkan Wout Weghorst dengan Cristiano Ronaldo

Ketagihan, Wout Weghorst Ingin Bermain Lebih Lama Lagi dengan Manchester United

"Sepak bola, klub, dan olahraga menjadi sangat dikomersialkan, terutama sekarang para penggemar melihat ini sebagai pengalaman, jadi mereka ingin pergi dan mengalami serta menghibur diri mereka sendiri," papar Al Mahmoud.

"Pada saat yang sama digitalisasi menjadi sangat penting untuk ini, sehingga model bisnis lembaga-lembaga ini menjadi sangat komersial dan sangat ramah investasi."

"Dana kekayaan negara menjadi investor di beberapa klub dan Anda tidak akan terkejut jika kami berinvestasi di (area) ini, tetapi sekali lagi kami masuk ke proses yang sangat mendasar dan memastikan jika kami berinvestasi, ini didorong secara komersial untuk generasi masa depan kami."

Kendati demikian fans tidak bisa begitu saja puas, sebab QSI jika jadi membeli saham Man United maka itu bukan saham besar melainkan kecil, sebab mereka sudah memiliki PSG. Aturan dari UEFA menegaskan apabila itu tak memungkinkan terjadi, satu perusahaan dengan dua kepemilikan penuh atas klub di Eropa.

Alhasil, jikalau pun QSI membeli Man United maka mereka hanya akan membeli saham kecil dan tidak berinvestasi penuh kepada klub. Kontrol atas Man United juga masih dimiliki pemilik saham terbesar.

Qatar Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan