BolaSkor.com - Perjuangan Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Asia Wanita 2022 menjadi lebih mudah. Pasalnya, satu tim lagi mundur dari babak kualifikasi, yakni Irak.

Hal ini seperti disampaikan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Mundurnya Irak membuat Grup C hanya diisi dua tim, yakni Indonesia dan Singapura.

Korea Utara sebelumnya sudah lebih dahulu memutuskan mundur dengan alasan pandemi COVID-19. Tak akan pemindahan tim ke Grup C, sesuai yang disampaikan Yunus Nusi.

"PSSI sudah menerima surat resmi dari AFC tentang kualifikasi Piala Asia Wanita 2022 Grup C di Tajikistan, di mana salah satu peserta yakni Irak memutuskan untuk mengundurkan diri. Hal ini tidak mengubah hasil undian grup. Artinya laga akan tetap dilaksanakan, namun hanya oleh dua negara yang tetap berkomitmen untuk mengikuti kompetisi ini yakni Indonesia dan Singapura,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi di laman PSSI.

Baca Juga:

TC Timnas Putri Indonesia Dapat Dukungan KONI Pusat dan Bupati Bogor

Menang 12-0, Timnas Putri Masih Banyak PR

Dengan demikian, Indonesia hanya akan bertemu dengan Singapura pada September 2020. Menurut Yunus Nusi, pertemuan dengan Singapura dilakukan dua kali.

"Indonesia dan Singapura akan menyelesaikan pertandingan kualifikasi dengan format dua leg, seperti sistem home-away. Namun, di venue yang netral alias di Tajikistan. Semoga Timnas Putri mampu mengalahkan Singapura dan lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 mendatang," tambahnya.

Jika unggul, Timnas Indonesia akan melaju. Mengingat hanya juara dari delapan grup yang lolos ke putaran final Piala Wanita 2022 yang akan digelar di India.

“Mundurnya Irak di Grup C pada babak kualifikasi ini tidak membuat intensitas persiapan kami menurun. Walaupun hanya ada satu negara yang akan dihadapi, tetap saja kita harus fokus dan jangan menganggap remeh tim lawan apa pun alasannya. Para pemain harus punya visi bermain yang baik, karena kita membawa lambang negara di dada. Tetap menjaga asa berlatih menatap lolos Piala Asia,” kata Rudy Eka, pelatih Timnas Putri.