Iran 0-1 Spanyol: Gol Tunggal Diego Costa Jaga Peluang La Furia Roja

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 21 Juni 2018
Iran 0-1 Spanyol: Gol Tunggal Diego Costa Jaga Peluang La Furia Roja
Selebrasi Diego Costa dan Isco usai mencetak gol ke gawang Iran. (fifa.com)

BolaSkor.com - Spanyol memperbesar peluang lolos ke 16 besar setelah menang tipis 1-0 atas Iran pada laga kedua Grup B di Kazan Arena, Kamis (21/6) dini hari WIB. Satu-satunya gol lahir dari kaki Diego Costa d babak kedua.

Pada laga ini Spanyol mengusung formasi andalan mereka 4-2-3-1 dengan mengandalkan Diego Costa sebagai tombak tunggal. Yang menarik adalah bos Spanyol Fernando Hierro memainkan Dani Carvajal sejak awal laga menggantikan Nacho.

Sejak awal laga, Iran sudah terlihat fokus dalam mempertahankan gawang mereka. Spanyol yang langsung mengambil kendali permainan sempat mengancam melalui umpan silang David Silva namun masih berhasil dihentikan oleh pemain bertahan Iran.

Masuk menit ke-28, Andres Iniesta mendapatkan peluang namun bola sepakan pemain yang kini merumput di Jepang ini masih tak menemui sasaran. Sementara Iran yang tampil defensif sempat menghadirkan bahaya di depan gawang David de Gea.

Dengan penguasaan bola mencapai 73 persen di babak pertama dan 10 kali melepasan sepakan, namun hanya satu tembakan yang mengarah ke gawang. Para pemain Spanyol mulai terlihat frustrasi dengan kokohnya tembok pertahanan Iran. Hingga babak pertama usai, skor imbang tanpa gol.

Di paruh kedua, skenario tak banyak berubah. Spanyol masih lebih banyak menguasai bola dan para pemain Iran dengan cerdik mengawal area pertahanan mereka.

Spanyol menciptakan peluang saat laga babak kedua berjalan tiga menit. Berawal dari sepakan pojok yang dilepaskan Isco sempat menghadirkan kemelut di depan gawang Iran. Selang beberapa menit kemudian aksi gemilang kiper Iran Ali Beiranvand yang mematahkan sepakan jarak jauh Sergio Busquets.

Pada menit ke-53, Iran berbalik mendapatkan peluang. Namun sepakan Karim Ansarifard hanya menerpa sisi luar jaring gawang. Satu menit kemudian usaha keras Spanyol memburu gol akhirnya berbuah manis.

Gawang Iran akhir jebol berkat usaha dari Diego Costa. Terciptanya gol bisa dibilang sedikit berbau keberuntungan. Menerima umpan dari Iniesta di depan gawang, Costa sembari berbalik mencoba menendang bola diblok Ramin Rezaeian namun kembali memantul ke kaki Costa dan mengarah ke sudut kanan gawang Iran.

Pada menit ke-62, Spanyol dikejutkan dengan gol yang dibuat Saeid Ezatolahi yang memanfaatkan kemelut usai sepakan bebas. Kubu Iran pun bersorak merayakan gol tersebut. Namun, setelah dibantu VAR wasit akhirnya menganulir gol karena sudah terlebih dulu terjadi offside.

Unggul satu gol tak mengendurkan tekanan Spanyol. Pada menit ke-70 lewat skema tendangan sudut yang cerdik Spanyol nyaris membuat gol kedua, namun usaha Pique di mulut gawang masih bisa digagalkan barisan pertahanan Iran.

Selang enam menit kemudian, giliran Iran menciptakan kans. Sayang Mehdi Taremi gagal menyambar umpan silang lepasan Vahid Amiri. Iran kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-81, sayang tandukan Taremi dari jarak dekat masih melambung di atas gawang De Gea.

Skor 1-0 untuk Spanyol bertahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit.

Berkat kemenangan ini, Spanyol mengumpulkan empat poin dan selisih gol plus satu, raihan ini sama dengan yang dicatat Portugal. Sementara Iran ada di peringkat ketiga Grup B dengan mengumpulkan tiga poin. Artinya, siapa yang bakal lolos menjadi wakil Grup B akan ditentukan pada laga terakhir.


Susunan Pemain
Iran (4-2-3-1): Ali Beiranvand; Ehsan Haji Safi (Mohammadi 67), Morteza Pouraliganji, Majid Hosseini, Ramin Rezaeian; Saeid Ezatolahi, Omid Ebrahimi; Vahid Amiri (Ghoddos 86), Mehdi Taremi, Karim Ansarifard (Jahanbakhsh 74); Sardar Azmoun
Pelatih: Carlos Queiroz

Spanyol (4-2-3-1): David De Gea; Jordi Alba, Sergio Ramos, Gerard Pique, Dani Carvajal; Andres Iniesta (Koke 70), Sergio Busquets; Lucas Vazquez (Asencio 78), Isco, David Silva; Diego Costa (Rodrigo 88)
Pelatih: Fernando Hierro

Piala Dunia 2018 Spanyol Diego Costa
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.092

Bagikan