Ironi Wasit di Indonesia Akibat Virus Corona, Kompetisi Terhenti Gaji Berhenti

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Selasa, 31 Maret 2020
Ironi Wasit di Indonesia Akibat Virus Corona, Kompetisi Terhenti Gaji Berhenti
Nusur Fadhilah. (Istimewa)

BolaSkor.com - PSSI secara resmi telah menghentikan Liga 1 dan Liga 2 2020 sampai dengan 29 Mei 2020. Keputusan ini dilakukan oleh PSSI lantaran ikut arahan Pemerintah Republik Indonesia untuk mencegah penyebaran wabah Virus Corona (COVID-19).

PSSI menetapkan kondisi force majeure pada kompetisi. Diberhentikan sampai 29 Mei 2020, namun kondisi membaik dari Virus Corona, kompetisi dimulai lagi 1 Juli 2020. Jika tidak, kompetisi akan dihentikan.

Pemberhentian kompetisi yang dilakukan oleh PSSI ini memiliki dampak yang cukup besar. Tidak hanya pemain dan pelatih saja, namun wasit juga terkena dampak dengan pemberhentian kompetisi.

Wasit di Indonesia saat ini mendapatkan penghasilan dari penugasan PSSI saja, mereka tidak ada pemasukan tetap. Jika kompetisi dihentikan, para wasit di Liga 1 dan Liga 2 ini tidak mendapatkan penghasilan. Hal ini pun yang dikeluhkan oleh wasit Liga 1 asal Jakarta, Nusur Fadhilah.

Baca Juga:

Kampanye PSSI Lawan Virus Corona, Gandeng Bambang Pamungkas hingga Zahra Muzdalifah

PSSI Putuskan Kompetisi Bisa Dihentikan dengan Syarat

Wasit asal Jakarta ini mengaku pemberhentian kompetisi ini sangat berngaruh untuknya terutama masalah ekonomi. Pasalnya, Nusur hanya mengandalkan keuangan dari wasit saja tidak ada pekerjaan lain.

"Jujur bagi saya yang penghasilannya hanya mengandalkan dari wasit saja ini sangat tidak baik. Jika kompetisi diberhentikan, maka kami tidak mendapatkan penghasilan," kata Nusur Fadhilah saat dihubungi oleh BolaSkor.com Selasa, (31/3).

"Semua tahu wasit hanya dibayar per pertandingan saja, tidak ada penghasilan bulanan. Jadi kalau tidak ada pertandingan kita semua di sini tidak memiliki penghasilan tetap," tambahnya.

Terkait dengan pemberhentian ini, Nusur berharap ada tindak tegas dari PSSI terkait dengan nasib wasit Liga 1 dan Liga 2. Ia pun berharap pendemi Virus Corona ini segera berlalu dan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa segera diputar kembali.

"Sampai dengan saat ini pihak PSSI belum ada pembicaraan dengan kami para wasit. Mungkin nanti akan ada pembicaraan masalah ini, terlebih wasit yang tidak punya pekerjaan lain," ungkap Nusur.

"Saya berharap Virus Corona ini bisa cepat berlalu dan liga kembali dimulai," ungkap wasit terbaik Piala Presiden 2019 lalu.

Wasit Liga 1 Liga 2 Virus Corona
Posts

4.871

Bagikan