Ironis, GP Italia Tanpa Pembalap Tuan Rumah dan Berikut Penyebabnya

Hendry WibowoHendry Wibowo - Jumat, 31 Agustus 2018
Ironis, GP Italia Tanpa Pembalap Tuan Rumah dan Berikut Penyebabnya
Suasana GP Italia di Monza (Zimbio)

BolaSkor.com – Lomba putaran ke-14 Formula 1 (F1) 2018 bakal berlangsung di Sirkuit Monza, Italia, akhir pekan ini. Namun ada fakta ironis dari gelaran lomba ini. Adalah kenyataan pembalap tuan rumah tidak memiliki local hero.

Padahal Italia merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah panjang di F1. Cukup melihat keberadaan tim Scuderia Ferrari yang tercatat sebagai pemegang rekor tim dengan jumlah penampilan terbanyak pada ajang balap jet darat (962 kali).

Musim ini, Ferrari justru menurunkan duet pembalap Jerman-Finlandia: Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Praktis, Giancarlo Fisichella merupakan pembalap Italia terakhir yang berlomba dengan mobil Ferrari pada musim 2009. Itupun hanya menggantikan Felipe Massa yang cedera.

Fisichella juga berstatus pembalap Italia terakhir yang sukses menang lomba F1, tepatnya GP Malaysia 2006 (bersama Renault). Lantas siapa juara dunia F1 terakhir dari Italia? Jawabnya lebih lama lagi: Alberto Ascari tahun 1953!

Praktis, Jarno Trulli dan Vitantonio Liuzzi berstatus pembalap asal Italia terakhir yang mendapat tim di F1 musim 2011. Lantas apa alasan negara seperti Italia sulit berprestasi pada ajang yang digelar oleh Liberty Media ini? Berikut analisanya.

Breaking News Formula 1 Monza Ferrari
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan