BolaSkor.com - Pengurus Besar Federasi Karate-Do (PB FORKI) secara resmi melepas keberangkatan para atletnya yang akan berlaga di ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2022 di Konya, Turki.

Kontingen Timnas Karate dilepas Bendahara Umum, Regi Datau pada Rabu (10/8) di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Dalam sambutannya, Regi berharap ke-10 atlet yang berangkat ke ISG 2022 bisa meneruskan sukses prestasi yang secara back to back telah diraih dalam setahun terkahir.

Seperti diketahui, Timnas karate berhasil memboyong 4 medali emas dari SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, sekaligus melampaui target yang diberikan pemerintah. Selain itu, Timnas karate juga berhasil menjadi juara umum di ASEAN University Games (AUG) 2022 Thailand dengan memboyong 8 medali emas serta SEAKF (South East Asia Karate Federation) usai meraih 5 emas.

"Meskipun saya baru masuk ke FORKI, saya bangga bisa melepas timnas karate ke ISG. Di SEA Games kita dapat 4 medali emas, dan alhamdulillah di AUG kita berhasil jadi juara umum, ini prestasi luar biasa. Insya Allah di ISG kita bisa mempertahankan prestasi yang luar biasa ini dan membawa pulang prestasi yang semakin membanggkan buat FORKI dan karate Indonesia," kata Regi di hadapan para atlet dan ofisial Timnas karate.

Regi optimistis, rekor catatan prestasi yang baik Timnas karate selama ini bisa membawa dampak prestasi yang lebih baik ke depannya. Terlebih, semua persiapan sudah dilakukan dengan baik oleh para pelatih maupun atlet.

"Melihat prestasi yang terus menanjak, pelatih dan atlet juga punya optimisme yang sangat tinggi, kami pun pengurus melihat Insya Allah di ISG bisa mendapatkan hasil yang sangat baik. Dengan persiapan yang baik, kami optimis bisa pulang membawa medali," lanjut Regi.

"Saya berharap kepada atlet yang berangkat, dengan persiapan yang sudah dilakukan selama ini dan prestasi yang telah dicapai selama ini, mereka bisa perform sesuai level yang sudah dicapai. Jangan lupa semangat terus dijaga dan dibarengi doa, jadi setiap bertanding kita siap tidak cuma fisik, tapi mental dan batin juga siap maksimal," imbuhnya.

Regi baru saja didapuk menjadi bendahara umum FORKI di bawah kepemimpinan Menteri ATR/BPN Purnawirawan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Sekjen Raja Sapta Ervian. Meski begitu, ia menyebut sangat senang dan bersemangat melihat para atlet yang terus menghasilkan prestasi di kancah internasional.

"Saya masuk ke FORKI saat prestasi sedang bagus-bagusnya. Kita lihat, prestasi di SEA Games 2021 memenuhi target, di AUG juara umum, di SEAKAF kita dapat 5 emas. Semangat itu yang terbawa ke saya untuk semakin membuat karate Indonesia makin harum di pentas dunia," ujar Regi.

FORKI mengirimkan 10 atlet, 3 pelatih dan 2 wasit ke ISG 2022. Menurut jadwal, kotingen atlet Timnas karate akan bertolak dari Jakarta menuju Konya, Turki pada Minggu (14/8).

Para atlet akan turun di delapan pertandingan, yakni kata perorangan putra dan putri, kata beregu putra serta 5 kelas kumite yakni 55kg putri, -68kg putri, 60 kg putra, 75 putra dan kelas -84 putra.

Ke-10 atlet tersebut yakni Ahmad Zigi, Krisda Putri, Cok Istri Agung, Keiko Georgia Hutagalung, Andi Dasril, Andi Tomi, Albiyadi, Ari Saputra, Ignatius Joshua dan Claudio. Tim pelatih diperkuat Omita Ompi, Faruk Abdul salam dan Idris Gusti serta dua wasit, Efendi Putin dan Musalir Bado.