Israel Main di Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi Jamin Dukungan Indonesia terhadap Palestina Tidak Goyah

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 28 Maret 2023
Israel Main di Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi Jamin Dukungan Indonesia terhadap Palestina Tidak Goyah
Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi). (Biro Setpres)

BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menjamin Politik Luar Negeri Indonesia terhadap kemerdekaan bangsa Palestina tidak goyah, meski timnas Israel U-20 main pada ajang Piala Dunia U-20 2023.

Polemik keikutsertaan timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023 terus bergulir. Banyak penolakan terjadi agar Israel tak diterima main di Indonesia pada Piala Dunia U-20 2023. Penolakan melalui dalil konstitusi Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang menolak penjajahan di atas dunia.

Penolakan dilakukan mulai dari berbagai macam golongan. Ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Belum lagi para organisasi masyarakat Islam hingga kepala daerah, seperti Gubenur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca Juga:

Soal Polemik Israel, Jokowi: Jangan Mencampur Adukan Urusan Olahraga dan Politik

Dony Tri Pamungkas Kecewa jika Batal Tampil Piala Dunia U-20 2023

Presiden Jokowi mengatakan, tidak boleh mencampur adukan urusan olahraga dan politik. Ia menegaskan prinsip Pemerintah Indonesia terhadap kemerdekaan bangsa Palestina selalu konsisten, sesuai konstitusi UUD 1945.

"Saya menjamin keikutsertaan timnas Israel tidak mengubah konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita terhadap (kemerdekaan) Palestina selalu kokoh dan kuat," tegas Jokowi, dalam live streaming di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3).

"Prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten mendukung dan memperjuangkan bangsa negara Palestina, mendukung penyelesaian two state negara Israel dan kemerdekaan negara Palestina. Ini sesuai konsistusi menolak penjajahan dalam bentuk apa pun. Selalu, kita sampaikan dalam forum bilateral, forum multilateral dan forum internasional lainnya," tutup Jokowi.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni mendatang. Ada 24 tim peserta yang nantinya dalam undian dibagi ke dalam 4 grup babak penyisihan.

Enam venue telah disiapkan PSSI dan Pemerintah Republik Indonesia, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Jokowi Joko widodo Pssi Fifa Piala dunia u-20 Palestina Israel Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.857

Bagikan