Isu Naturalisasi Pemain Brasil, Pelatih Bali United Stefano Cugurra Singgung Syarat Lima Tahun

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 21 Agustus 2020
Isu Naturalisasi Pemain Brasil, Pelatih Bali United Stefano Cugurra Singgung Syarat Lima Tahun
Dua pemain asing usia muda asal Brasil yang direkrut Arema FC, Hugo Grillo dan Pedro Bartoli. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra tak mengetahui kebenaran dari proses naturalisasi lima pemain asal Brasil. Namun, dia mengetahui adanya syarat harus tinggal lima tahun sebelum dinaturalisasi.

Naturalisasi tak bisa dilakukan sembarangan. Bagi warga negara asing (WNA) yang ingin mengajukan proses naturalisasi, ada syarat yang wajib dipenuhi.

Salah satunya soal lamanya pemohon tinggal di Indonesia. Pemohon wajib tinggal di Indonesia lima tahun berturut-turut atau sepuluh tahun tidak berturut-turut.

Baca Juga:

Madura United Merespons Kabar Proyek Naturalisasi Pemain Muda Asal Brasil

Komposisi Hampir Lengkap, Arema FC Mulai Masuki Tahap Pematangan Tim

"Saya tidak tahu soal berita ini. Yang saya tahu, soal (pengajuan) naturalisasi harus kerja minimal lima tahun di negara ini," terang Stefano Cugurra, Jumat (21/8).

Teco, sapaan akrabnya, tak mau banyak ikut campur mengenai program Timnas Indonesia. Teco hanya berharap Indonesia bisa berprestasi di Piala Dunia U-20 2021. Hal itu sangat penting bagi sepak bola Indonesia.

"Mudah-mudahan apa yang direncanakan pelatih Timnas dan PSSI merupakan yang terbaik, agar Indonesia bisa mendapatkan hasil bagus di Piala Dunia," tutur Teco.

Isu naturalisasi ini berhembus setelah kedatangan lima pemain muda asal Brasil. Thiago Apolinario Pereira dan Maike Henrique Irine de Lima merapat ke Persija Jakarta.

Pedro Henrique Bartoli Jardim dan Hugo Giherle Correa Grillo ke Arema FC, serta Robert Junior Rodrigues ke Madura United. Lima pemain ini memiliki usia di bawah 20 tahun.

PSSI sendiri sudah merespon isu naturalisasi ini. PSSI melalui direktur teknik, Indra Sjafri, membantah terlibat dalam naturalisasi pemain asal Brasil. (Laporan kontributor Putra Wijaya/Bali)

Stefano Cugurra Teco Persija jakarta Liga 1 Arema FC Madura united Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan