Italia Masih Bisa Tampil di Piala Dunia 2018?

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 24 November 2017
Italia Masih Bisa Tampil di Piala Dunia 2018?
Gianluigi Buffon dan Leonardo Bonucci (ZImbio)

BolaSkor.com - Italia gagal meraih tiket ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia menyusul kekalahan dari Swedia di babak playoff. Namun, publik Italia masih bisa berharap tim kesayangan mereka akan tetap bisa ambil bagian di ajang empat tahunan tersebut.

Kemungkinan ini muncul terkait adanya pengajuan rancangan undang-undang yang diajukan oleh anggota parlemen Peru. Undang-undang tersebut akan membuat federasi sepak bola akan dikendalikan pemerintah.

Peru memastikan tempat di Rusia 2018 usai mencatat kemenangan 2-0 secara agregat atas Selandia Baru di play-off. Namun dalam berita yang dilaporkan media Peru Libero menyatakan posisi La Blanquiroja dalam bahaya.

Seperti diketahui, intervensi pemerintah pada sepak bola diharamkan oleh FIFA. Pembekuan PSSI beberapa waktu lalu adalah salah satu contohnya. Jika federasi Peru dibekukan, otomatis timnas mereka kehilangan hak tampil di Piala Dunia 2018.

Kabar yang beredar, Italia dan Cile menjadi kandidat terkuat mengisi posisi yang ditinggalkan Peru. "Jika sebuah federasi mundur atau kehilangan hak, panitia pelaksana FIFA akan mengambi keputusan berdasarkan pertimbangan mereka dan mengambil aksi yang diperlukan," demikian bunyi pasal 7 regulasi FIFA.

"Panitia pelaksana FIFA bisa, secara khusus, memutuskan mengganti federasi yang terkait dengan yang federasi lainnya."

Meski begitu, rancangan undang-undang itu sendiri kemungkinan akan mandek mengingat banyak anggota parlemen lain yang menolak memberi dukungan.

Piala Dunia
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan