BolaSkor.com - Italia menjadi juara Piala Eropa 2020. Kepastian ini didapat usai mengalahkan Inggris melalui adu tendangan penalti dengan skor 3-2 (1-1) di Stadion Wembley, Senin (12/7) dini hari WIB.

Ini merupakan gelar kedua Piala Eropa Gli Azzurri setelah terakhir kali merebutnya pada tahun 1968. Tak hanya itu, Italia juga sukses memperpanjang rekor tak terkalahkan di laga internasional selama 34 laga.

Italia hanya kalah dari Brasil dan Spanyol dengan 35 laga tak terkalahkan. Gli Azzurri bisa mengalahkan Brasil dan Spanyol, andai menang lawan Bulgaria dan Swiss pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, September mendatang.

Kegemilangan Italia merebut Piala Eropa 2020 tak terlepas dari revolusi Roberto Mancini usai tidak lolos ke Piala Dunia 2018. Mancini ditunjuk Federasi Sepak Bola Italia, FIGC pada tahun 2018, usai menggantikan Gian Piero Ventura.

Baca Juga:

Usai Tepis Penalti Saka, Donnarumma Tak Sadar Italia Menang

Piala Eropa 2020: Gianluigi Donnarumma Dianggap Selevel Buffon

Italia: 'Catenaccio Modern', Mental Juara, dan Piala Dunia

Roberto Mancini
Roberto Mancini. (Twitter)

Piala Dunia 1982

Italia pun mengulang sukses menjadi tim spesialis yang raih prestasi usai terpuruk. Pada Piala Dunia 1982, Italia menjadi juara dunia usai skandal Totonero 1980.

ACMilan, Lazio, Perugia, Bologna, Avellino (Seri A), Taranto, dan Palermo (Seri B) terlibat di dalamnya. Bahkan, bintang timnas Italia, Paolo Rossi juga dijatuhi hukuman tak bermain selama dua tahun, setelah mendapat penangguhan.

Timnas Italia
Timnas Italia. (Twitter)

Rossi pun akhirnya keluar sebagai pahlawan timnas Italia meraih Piala Dunia 1982. Ia pun menjadi top skorer turnamen dengan 6 gol.

Piala Dunia 2006

Italia mengulang predikat tersebut pada Piala Dunia 2006. Gli Azzurri datang ke Jerman dengan skandal calciopoli yang melibatkan tim-tim besar, sepetti Juventus, AC Milan, Inter Milan, hingga AS Roma. Bahkan, Juventus harus terdegradasi ke Seri B sebagai hukuman.

Timnas Italia
Timnas Italia. (Twitter)

Namun, Italia sekali lagi membuktikan kapasitasnya dengan meraih gelar juara Piala Dunia 2006. Gli Azzurri berhasil mengalahkan Prancis melalui adu tendangan penalti.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini