BolaSkor.com - Mantan kiper timnas Italia, Gianluigi Buffon, turut mengomentari kegagalan Gli Azzurri - julukan Italia - lolos ke Piala Dunia 2022. Buffon menilai ada sedikit kesalahan Roberto Mancini atas kegagalan tersebut.

Italia disingkirkan Makedonia Utara di semifinal play-off Piala Dunia 2022 dengan skor 1-0. Untuk kali pertama dalam sejarah Italia dua kali beruntun tak bermain di Piala Dunia setelah sebelumnya pada 2018 di era Gian Piero Ventura.

Buffon bagian dari skuad kala itu dan kini sudah punya 176 caps. Pria berusia 44 tahun tersebut menilai adanya kesalahan dari Mancini hingga Italia gagal melaju ke final dan coba bermain di Piala Dunia.

Baca Juga:

Piala Dunia Hambar Tanpa Timnas Italia

Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022, Cannavaro Sentil Sepak Bola Italia

Italia Gagal Lolos Piala Dunia 2022: Serie A Tertinggal Jauh dari Premier League dan Bundesliga

“Mancini adalah arsitek utama dari kelahiran kembali kami, dengan kemenangan di Piala Eropa (2020). Namun, dia juga memiliki tanggung jawab setelah pukulan yang begitu besar (lawan Makedonia Utara),” kata Buffon seperti dilansir dari Football-Italia.

“Ada banyak cara saat tersingkir. Tidak ada yang akan mengatakan apapun jika Italia tersingkir melalui adu penalti oleh Portugal, tetapi setelah kalah dari Makedonia Utara, jauh lebih sulit untuk memulai lagi.”

Buffon juga masih aktif bermain saat ini di usia 44 tahun dengan klub tempatnya memulai di usia muda, Parma. Dia bahkan sempat berharap jika Italia lolos Piala Dunia 2022 dapat dipanggil kembali ke timnas Italia.

“Meritokrasi ada di pihak saya, tetapi saya rasa saya tidak akan dipanggil,” tambah Buffon.

“Ada hal lain yang didahulukan dan harus dihormati. Mengingat pilihan yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir, itu adalah hal yang benar," pungkas legenda Juventus tersebut.