BolaSkor.com - Kegagalan timnas Italia mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2022 masih dibahas, plus jadi bahan candaan untuk mengejek mereka bagi haters di media sosial. Apalagi Gli Azzurri dua kali beruntun tak bermain di Piala Dunia, pertama kali terjadi dalam sejarah.

Lebih ironis lagi, Italia merupakan juara bertahan Piala Eropa 2020 yang seyogyanya dapat bermain di Piala Dunia. Takdir berkata berbeda sebab Italia secara mengejutkan kalah dari Makedonia Utara di kualifikasi, tapi setelahnya Makedonia kalah oleh Portugal di final play-off.

Inkonsistensi Italia arahan Roberto Mancini berlanjut sampai ke Finalissima. Pada ajang final antara juara Piala Eropa dan Copa America (Argentina) Italia kalah telak 0-3 di Wembley.

Selepas laga Mancini meminta fans bersabar di masa sulit ini karena Italia sedang dalam proses regenerasi skuad, dan ini bisa dilihat dengan pensiunnya Giorgio Chiellini.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Argentina Juara Finalissima, Ukraina ke Final

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Finalissima

7 Pertanyaan Seputar Finalissima dan Jawabannya

Legenda Italia, Roberto Baggio, turut ditanya di sela event di Bandara Rome's Fiumicino. Baggio menggambarkan kegagalan Italia ke Piala Dunia itu dengan dua kata: memalukan dan gila. Menurutnya sebagai juara Piala Eropa Italia seharusnya dapat jatah main di Piala Dunia.

"Italia memenangkan Piala Eropa, saya pikir itu memalukan, itu gila bahwa mereka tidak diberi tempat otomatis ke Piala Dunia untuk itu," terang Baggio seperti dilansir dari Goal.

“Siapa pun bisa kalah di satu pertandingan melawan tim lain di hari yang buruk, tetapi para pemain ini pantas mendapatkan semacam hadiah untuk apa yang mereka capai, bukan begitu? Jika saya berada di skuad itu, saya akan menemui kesulitan untuk menerimanya.”

Kesulitan Italia setelah kalah dari Makedonia Utara berlanjut sampai kekalahan melawan Argentina. Baggio hanya berpesan untuk memercayai Italia era terkini.

“Saya pikir Italia menderita efek psikologis setelah tersingkir dari Piala Dunia. Anda dapat melihat bahwa ini adalah masalah psikologis," imbuh Baggio.

“Kita bisa melihat (saat Italia kalah 0-3 dari Argentina), Anda tidak bisa membandingkan ketenangan dan kepercayaan diri para pemain Argentina dengan kondisi pikiran kami saat ini."

“Roberto Mancini melakukan sesuatu yang luar biasa, dia harus dihormati dan dibiarkan terus bekerja seperti yang dia lakukan. Kami memiliki talenta muda yang tidak diberi ruang untuk bermain di Serie A dan itu adalah masalah yang umum," pungkas mantan pemain Juventus, AC Milan, dan Inter Milan itu.